Alergi pada Kucing dan Langkah Mudah Mengatasinya

0 4960

Sibuntut.com - Sebagaimana makhluk mamalia lainnya, kucing merupakan salah satu hewan yang sangat rentan terkena alergi. Alergi pada tubuh kucing terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kucing mengalami reaksi berlebihan terhadap zat asing atau partikel berukuran kecil(disebut alergen). Sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif ini dapat menyebabkan reaksi berupa alergi. Beberapa gejala yang sering muncul pada kucing yang mengalami alergi adalah :

-Gatal kulit yang menyebabkan menggaruk dan menggosok
-Bersin, batuk berdengik
-Muntah, diare, kembung atau buang angin secara berlebihan

tips mengatasi alergi pada kucing

Sumber www.vetwest.com.au

Jenis Alergi pada Kucing

Ada empat jenis alergi yang seringkali timbul dan mempengaruhi metabolisme tubuh kucing. Alergi itu antara lain :

1.Alergi kutu
2.Alergi makanan
3.Alergi Udara
4.Alergi kontak

Sebagai pemilik kucing, sangat penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda unik yang terkait dengan masing-masing jenis alergi. Jika kucing Anda menunjukkan gejala-gejala alergi ini, segera periksakan dokter hewan Anda untuk mendiskusikan pilihan pengobatan untuk memberikan pengobatan dan tindakan terbaik mengatasi alergi yang dialaminya.

Alergi kutu

Alergi kutu mungkin adalah alergi yang paling umum terjadi pada kucing. Seekor kucing normal, biasanya akan mengalami iritasi ringan dan gatal akibat gigitan kutu. Lain halnya dengan kucing yang alergi terhadap kutu. Seekor kucing dengan alergi kutu, akan mengalami reaksi parah terhadap gigitan kutu sehingga mereka akan sering akan menggigit dan mencabuti bagian yang gatal secara paksa.

Pengobatan alergi kutu salah satunya adalah dengan melakukan pest control. Kutu merupakan hewan yang sangat sulit untuk dimusnahkan tetapi dengan obat kutu modern dan perawatan di rumah yang tepat, dokter hewan Anda dapat membantu Anda membersihkan rumah dari gangguan kutu.

Alergi makanan

Alergi makanan pada kucing biasanya muncul berupa gatal-gatal pada kulit, gangguan pencernaan atau gejala alergi pernapasan. Sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan food test  bila gejala alergi telah hadir selama beberapa bulan, jika kucing memiliki respon yang buruk terhadap steroid, atau ketika kucing sangat muda gatal tanpa penyebab akibat mengkonsumsi makanan tertentu, itu menandakan kucing Anda berpotensi mengalami alergi. Beberapa jenis makanan yang menyebabkan alergi pada kucing di antaranya adalah Adaging sapi, babi, ayam, dan kalkun.

Alergi udara

Alergi terhadap partikel udara pada kucing Anda disebut atopi. Beberapa faktor penyebab alergi udara pada kucing di antaranya adalah serbuk sari pohon (cedar, abu, oak, dll), serbuk sari rumput (bermuda, dll), serbuk sari gulma (ragweed, goldenrods, dll), cetakan, jamur dan tungau debu rumah.

Salah satu perawatan yang paling penting bagi atopi adalah untuk meminimalisir kontak kucing Anda udengan hal-hal yang menjadi penyebab alergi. Misalnya, jika kucing anda mengalami alergi terhadap serbuk sari, ia harus selalu berada di area dalam rumah dengan jendela tertutup ketika jumlah serbuk sari yang tinggi atau rumput sedang dipangkas. Filter udara juga membantu menghilangkan banyak alergen udara untuk menjaga lingkungan rumah bersih.

kontak Alergi

Ini adalah jenis paling umum dari alergi pada kucing dan biasanya disebabkan oleh kontak langsung dengan benda-benda rumahan seperti karpet, selimut (terutama wol), atau deterjen. Jika kucing Anda alergi terhadap zat-zat tersebut, gejala yang muncul biasanya iritasi kulit dan gatal-gatal pada titik-titik kontak (siku, bagian bawah kaki, perut, dll). Pengobatan yang disarankan adalah dengan mengidentifikasi penyebab utama alergi dan menghapus alergen.

Category: KesehatanTags: