Apa yang Salah dengan Si Kucing?

0 4793

SiBuntut.Com - Pernahkah kita melihat kucing suka mencuri ikan didapur? lalu kita memarahinya dan sering juga kita melihat kucing tersebut di pukul oleh pemiliknya sendiri. Apa sebenarnya yang terjadi? Kenapa sebagian kucing disiksa, tidak diberikan makanannya hanya karena bentuk atau tubuhnya yang jelek/kurus. Lalu ketika ada kucing yang memiliki penampilan yang bagus dan cantik perhatian kita pun berbeda. Kucing yang memiliki fisik yang kurang bagus bukan berarti kita seenaknya saja menyiksanya, Kucing adalah salah satu hewan yang membutuhkan perhatian dari pemiliknya. Namun banyak kucing yang masih terlantar dan kita hanya cuek saja tanpa memperhatikannya dan memeliharanya dengan baik. Bukan kah pada artikel sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang kucing kesayangan nabi? Pada artikel tersebut disebutkan bahwa kucing harus kita sayangi sebagaimana kita menyayangi keluarga kita sendiri. Jangan karena bentuk atau fisiknya kurang cantik lalu kita pilih kasih dalam memelihar kucing. Semua kucing tetap sama, sama-sama membutuhkan perhatian kita secara khusus.

Seperti pertanyaan saya diatas, Pernahkah kita melihat kucing suka mencuri makanan yang ada didapur atau ditempat lainnya? lalu tindakan kita mengusir, dan bahkan kita memukulnya. Sebenarnya kucing tidak akan mau mengambil atau mencuri makanan yang bukan miliknya. Ada beberapa hal yang menyebabkan kucing suka mencuri dan takut ketika bertemu dengan orang lain.

  1. Kurang Perhatian - Kucing salah satu hewan yang membutuhkan perhatian oleh pemiliknya. Akibat kucing yang kurang perhatian, maka sering sekali kucing menjadi nakal dan suka mencuri. Jika kita memberikan perhatian yang baik untuk setiap kucing, maka dia akan merasa nyaman, dia merasa seperti ada yang memperhatika dan menyayanginya. Dengan perhatian yang khusus maka kucing tidak akan suka mencuri, apa lagi milik majikannya sendiri. Kucing akan jinak kepada siapapun jika ada yang memperhatikannya, tidak seperti kebanyakan kucing langsung kabur ketika kita inging mendekatinya. Akibat kurang perhatian, maka kucing juga akan susah untuk dijinakkan kembali, efek ini bisa mengakibatkan kucing menjadi strees.

  2. Tidak Memiliki Tempat Tinggal - Akibat yang kedua kenapa kucing menjadi nakal adalah kucing tidak memiliki tempat tinggal. Kucing yang tidak  memiliki tempat tinggal bisanya sering berpindah-pindah tempat, ketika ketahuan oleh pemilik rumah maka kucing akan dikeluarkan dan biasanya kejadian ini terjadi pada malam hari. Karena tidak memiliki temp tinggal, sehingga sering kita lihat kucing berada di tempat-tempat yang jorok, seperti di pingir jalan raya, di dekat tong sampah dan tempat-tempat yang tidak layak lainnya untuk hewan kecil ini. Akhirnya kucing menjadi kurus tidak terawat.
  3. Makanan Tidak Berigizi - Kucing sangat kasihan sekali, sudah kurang perhatian, tempat tinggal tidak ada, dan makanan yang diperoleh pun tidak bergizi. Kucing yang terlantar tidak memiliki makanan yang layak seperti kucing yang dirawat dirumah-rumah. Makanan mereka terkadang sisa-sisa makanan yang terbuang, makanan yang ada di tong sampah, jarang sekali mempunyai makanan yang layak. Akibatnya ketika kucing sedang berada di rumah, ketika dia melihat ada makanan di dapur maka dia akan langsung mencurinya, sebetulnya itu adlah hl yang wajar, kucing mencuri karena hanya ingin bertahan hidup. Karena jarang makan, maka kucing suka mencuri ketika kita tidak berada dirumah.

Mari kita perhatikan kucing-kucing yang terlantar, mengasuh kucing tidak lah rumit, memelihara kucing dengan baik justru akan mendapatkan pahala. Tidak akan ada yang sia-sia jika kita merawat kucing dengan baik. Peliharalah kucing baik kucing kampung, kucing jalanan dan kucing yang belum memiliki pengasuh. Semua kucing sama, jadi jangan ada pilih kasing terhadap kucing. Jika kita memelihara dan mencintai kucing itu merupakan hal positif, sayangi lah kucing karena mereka butuh perhatian kita.

Category: Berita PilihanTags: