Benarkah Kucing Takut Air?

0 3683

Sibuntut.com - Kita mungkin sering mendengar istilah “mandi kucing”. Ya, kucing memang akrab dengan aktivitas mandi setiap harinya. Berbeda dengan manusia, mandi ala kucing tentu tidak sama seperti manusia. Kucing menggunakan lidah dan air liur yang ada di mulutnya untuk membersihkan bulunya.

mengapa kucing takut air

Sumber http://yummypets.com

Adanya istilah mandi kucing ini tentu menimbulkan pertanyaan dan asumsi tersendiri, apakah kucing sebenarnya membenci air?Pernahkah melihat kucing berenang-renang di atas permukaan air?

Secara umum, jika kita mencoba untuk memasukkan tubuh kucing ke dalam bak berisi air, maka kucing akan otomatis memberontak dan menghindar. Hal ini tentu merupakan gejala yang umum dialami oleh kucing.

Beberapa fenomena lain yang mengesankan kucing sangat membenci air adalah gerakan kakinya ketika tersentuh air. Secara refleks, kucing akan menggerakkan bagian kakinya untuk menghindarkan kakinya mengalami kontakk langsung dengan air.

Sebetulnya, ada beberapa alasan kenapa kucing tidak suka tubuhnya terkena oleh air. Alasan yang pertama adalah bahwa kucing tidak ingin bulunya terkena air. Hal ini mungkin pernah dialami oleh kucing yang tersiram air secara tidak sengaja atau terkena air hujan. Kucing mengalami ketidaknyamanan ketika tubuhnya tersiram air. Hal ini dikarenakan berat tubuh kucing akan bertambah.

Bulu kucing merupakan jenis mantel yang sangat padat sehingga mampu menyerap air dengan baik. Hal ini menyebabkan air akan mudah memenuhi permukaan tubuh kucing sehingga menyebabkan kucing kesulitan untuk bergerak.

Selain alasan akan bobot tubuh yang semakin berat karena air, kucing juga sensitif terhadap bau. Beberapa jenis air cenderung memiliki aroma sehingga kucing tidak menyukai air secara umum.

Walaupun secara umum kucing membenci air, namun beberapa kucing domestik sebenarnya menikmati air, terutama jika mereka tinggal di daerah yang memiliki iklim kering panas. Air dingin dan menyegarkan untuk kucing, dan kucing dapat berenang atau berendam di dalamnya.

Jenis kucing seperti ini biasanya sangat mahir untuk berenang dan berburu di atas permukaan air. Mereka pada umumnya mengejar mangsa yang sering berada di atas air seperti tikus, dan mamalia air lainnya. Jenis kucing yang mampu beradaptasi dengan air ini biasanya adalah kucing hutan besar, seperti singa dan harimau, yang diklaim sebagai salah satu hewan perenang terhebat.

Secara umum, sebetulnya kucing tidak disarankan untuk dimandikan dengan air. Namun,pada kondisi tertentu, Anda mungkin terpaksa untuk mengguyurkan air ke tubuh kucing karena kotoran akibat lumpur atau sesuatu yang lengket menempel di tubuhnya secara ketat. Oleh karena itu, strategi terbaik untuk memandikannya adalah dengan merayunya untuk memudahkan dirinya masuk ke dalam air.

Pastikan bahwa anda memberikannya air hangat, dan tidak menggunakan zat aditif apapun, seperti busa sabun ke dalam air. Bawa tubuh kucing ke dalam air sambil membelai dan berbicara padanya dengan lembut.

Respon awal dari kucing biasanya akan menunjukkan ketidaknyamanan dengan cakar yang memanjang serta bulu yang berdiri. Lakukan langkah tersebut secara perlahan untuk memastikan bahwa kucing mendapatkan arahan yang terbaik.

Jika bulu kucing kotor atau lengket, cobalah berikan spons atau kain mandi untuk membuatnya bersih. Gunakan shampoo kucing khusus yang tidak akan mengeringkan kulit, dan bubuhkan pada spons atau kain. Gosok bagian tubuh yang  dan lengket dengan menggunakan spons.

Setelah itu, Bilas kain atau spons dengan air untuk menyeka tubuh kucing di bagian akhir. Jika anda memiliki peralatan pengering, Anda dapat menggunakannya untuk mengeringkan bulu kucing Anda. Namun, tanpa pengering pun, kucing Anda dapat melakukan semuanya dengan baik.

Category: PerilakuTags: