Cara Menangani Memar di Tubuh Kucing

0 6663

Sibuntut.com - Petechia,atau ecchymosis yang lazim dikenal sebagai memar, terjadi pada tubuh kucing secara alami. Memar pada tubuh kucing ditandai dengan adanya perubahan warna kulit, biasanya karena luka yang menyebabkan perdarahan di bawah area luka yang terkena. Secara khusus,  memar dikenal sebagai luka di bawah kulit, yang menyebabkan pembuluh darah pecah dan perubahan warna jaringan karena adanya kandungan sel darah merah di bawah kulit.

mengatasi memar di tubuh kucing

Sumber www.pets.ca

Memar biasanya berbentuk titik kecil berwarna ungu pada tubuh yang disebabkan oleh adanya pendarahan minor. Memar jenis ini dinamakan petechia. Berbeda dengan petechia, bentuk memar lainnya adalah bercak keunguan di bawah jaringan lembab tubuh (membran mukosa) atau di bawah kulit. Memar seperti ini disebut sebagai ekimosis. Petechia, memar, atau ekimosis dapat muncul tiba-tiba atau setelah cedera kecil.

Mendiagnosa Penyebab Memar

Walaupun memar dikenal sebagai akibat dari adanya benturan keras pada kulit, beberapa penyebab lain juga bisa menimbulkan memar pada kulit. Beberapa diagnosa pernah mencatat bahwa memar pada kucing bisa juga disebabkan oleh gangguan metabolisme tubuh akibat obat-obatan, kelainan darah, dan juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi dalam tubuh.

Oleh karena itu, sebagai bentuk upaya pencegahan dari risiko yang lebih serius,sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan kucing Anda jika efek memar yang terjadi berlangsung secara lama dan berkesinambungan.

Oleh karena itu, Anda perlu memberikan kepada  dokter hewan rekam  kesehatan kucing Anda secara menyeluruh, termasuk onset dan sifat dari gejala. Dokter hewan Anda kemudian akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap, khusus mencari keberadaan lesi. Tes laboratorium rutin mencakup pemeriksaan darah secara terpadu, profil biokimia, dan urinalisis.

Pemeriksaan darah secara terpadu dapat mengungkapkan adanya gejala kelainan darah seperti trombositopenia. Trombositopenia merupakan penyakit darah yang menajdi penyebab paling penting dari kondisi hemoragik tersebut.

Trombosit dalam darah merupakan sel penting untuk membantu pembekuan darah secara normal. Penurunan jumlah trombosit secara signifikan dapat menyebabkan perdarahan seluruh tubuh.

Untuk menilai bagaimana mekanisme pembekuan darah di tubuh kucing Anda bekerja, dokter hewan akan mengukur waktu yang dibutuhkan bagi darah kucing Anda untuk menggumpal. Jika durasi pembekuan darah lebih lama dari seharusnya,maka dokter hewan Anda akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Sampel sumsum tulang juga diambil untuk mengevaluasi fungsi sumsum tulang dan penyakit.

Selain tes darah, dokter juga akan melakukan pemeriksaan profil biokimia. Profil biokimia berperan untuk menunjukkan kondisi liver serta organ ginjal. Profil bikomia dapat dilakukan melalui urinalisis unt ukmengidentifikasi penyakit yang teridentifikasi.

Tes laboratorium lainnya yang dapat dilakukan adalah X-ray dan ultrasound. Tes Sinar-X pada perut berperan untuk menilai fungsi hati dan ukuran ginjal dan ultrasound perut untuk mengidentifikasi komplikasi pada organ lain.

Category: KesehatanTags: