Cara Mengajak Kucing Bermain di Dalam Rumah

0 12580

Sibuntut.com - Kucing adalah hewan yang memiliki kebutuhan naluriah untuk mengekspresikan perilaku tertentu. Kucing yang dipelihara dan tinggal di dalam ruangan sehari-harinya akan banyak mengalami batasan dalam mengekspresikan dan melatih instingnya. Kucing yang terkungkung dalam ruangan secara terus menerus dan tidak terlatih instingnya akan semakin kehilangan kepekaan dan cenderung mudah menjadi stres.

bermain dengan kucing

Sumber http://www.catster.com/

 

Stres pada kucing dapat terlihat dalam berbagai cara tergantung pada individu kucing tersebut. Ada beberapa jenis kucing yang mungkin cenderung akan selalu sembunyi, sementara kucing yang lain akan buang air kecil di tempat-tempat yang tidak pantas. Oleh karenanya, sebagai seorang pemelihara kucing, sudah sepantasnya kita untuk menyediakan kebutuhan mereka dalam permainan yang biasanya mereka dapatkan di lingkungan luar. Jenis-jenis permainan yang ditawarkan seperti berburu, kemampuan untuk mundur dan bersembunyi, mendaki, serta berbagai kebutuhan untuk kucing agar ia memiliki rasa bahwa ia dapat mengendalikan kegiatan sendiri.

Aktif dalam kegiatan fisik yang intensif dan memiliki tempat untuk 'bersantai' sangat penting walaupun kondisi rumah dengan ruang yang terbatas dan kucing harus berbagi lingkungan dalam ruangan mereka dengan orang-orang dan hewan peliharaan lain.

Beberapa kucing  mungkin  sulit untuk mentolerir kondisi ini. Oleh karenanya, jika memungkinkan tentu saja hal terbaik yang semestinya dapat diberikan pada kucing adalah  dengan memberikan kucing akses ke luar rumah. Anda dapat memasang pagar aman, setidaknya sebagian, sehingga kucing Anda bisa memiliki akses ke luar.

Permainan yang Cocok untuk Di Dalam Rumah

Ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda dalam mengajak kucing Anda bermain.

-Jika kucing Anda cenderung menghabiskan waktu dengan menetap di tempat yang sama setiap hari, memutar radio dan musik yang santai cukup baik untuknya.
-Berikan beberapa mainan baru, terutama jenis mainan yang  bisa dimainkan sendiri. Hindari memberikan mainan yang bersifat elastis atau tali temali karena berisiko membuat kucing anda terikat/terjerat.
-Sebuah bola pingpong yang disimpan dalam bak merupakan permainan yang mengasyikkan. Kucing Anda akan terus menerus mengejar bola yang disimpan di dalam bak hingga kelelahan.
-Rolling mainan. Hindari memberikan mainan yang sama secara terus menerus. Buanglah  mainan lama dan memberikan kembali kepadanya beberapa hari kemudian untuk memastikan bahwa mainan tersebut memiliki nilai kebaruan dan menghilangkan kebosanan yang mungkin menghinggapi kucing Anda.

-Kardus merupakan mainan favorit bagi para kucing. Buatlah sebuah lubang mengintip di bagian kardus untuk mengecoh kucing Anda.
-Barang-barang yang baru dibeli seringkali menarik perhatian kucing. Biarkan dia untuk mengendus, bermain dengan tas kertas dan memancing rasa penasaran kucing Anda.
-Minimalisir penggunaan kurungan pada kucing.  Berikan kebebasan bagi kucing Anda untuk menjelajah setiap sudut rumah. Jika rumah Anda tidak memungkinkan, biarkan kucing anda memanjat pohon atau menara.Sebuah media vertikal adalah sama pentingnya untuk kucing karena kucing sangat menikmati ketinggian bangunan.

Category: PermainanTags: