Cara Mengatasi Ringworm pada Kucing

0 7311

Sibuntut.com - Ingin tahu cara mengatasi ringworm pada kucing? Ringworm atau kurap adalah infeksi yang disebabkan oleh sebuah spesies jamur. Jamur ini memiliki kemampuan berkembang biak pada kulit dengan memanfaatkan lapisan superfisial kulit, rambut atau kuku sebagai inangnya. Inang ini merupakan nutrisi penting bagi mereka untuk terus tumbuh dan berkembang biak. Infeksi ini dinamakan sebagai dermatofit.

Penyakit kurap adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan infeksi dermatofit ini. Saat ini kurang lebih terdapat 40 spesies jamur yang berbeda dari jamur dermatofita. Spesies ini dapat mengakibatkan infeksi pada hewan tertentu. Pada kucing, sebagian besar kasus yang disebabkan dermatofit ini, disebabkan oleh infeksi oleh Microsporum Canis (M canis). Organisme ini menyebabkan infeksi pada mamalia lainnya, termasuk manusia.

http://www.sibuntut.com/cara-mengatasi-ringworm-pada-kucing/

Sumber : http://www.petfinder.com/

Proses Infeksi
Dermatofitosis merupakan jenis infeksi jamur yang dapat menular . Selama infeksi , ribuan atau jutaan spora mikroskopis tumbuh di sekitar rambut yang terinfeksi dan menular pada kucing lainnya.

Rambut yang terinfeksi oleh spora mikrokopis ini merupakan yang efektif bagi penularan penyakit. Proses infeksi berlangsung sederhana, yaitu melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi atau dengan paparan lingkungan yang terkontaminasi.

Infeksi juga bisa terjadi melalui media benda seperti alat perawatan , gunting atau tempat tidur. Spora ini dapat tetap menular sampai dua tahun dan sulit untuk dimusnahkan.

Mengobati Infeksi Dermtofitosis
Pengobatan medis merupakan solusi yang terbaik. Penanganan tanpa campur tangan medis sangat berisiko karena infeksi ini dapat menyebabkan penularan yang masif terhadap kucing lain dan juga juga manusia. M canis merupakan penyakit zoonosis (penularan hewan ke hewan atau hewan ke manusia).

Cara terbaik adalah segera melakukan pengobatan medis yaitu memberikan obat anti jamur. Selain mengobati infeksi dermatofit dengan obat anti jamur , gangguan pada kulit lainnya juga harus ditangani agar pengobatan dapat ditangani dengan tuntas.

Jenis obat yang dapat diberikan yaitu berupa tablet anti jamur atau cairan yang diberikan melalui mulut (sistemik). Ada juga jenis obat anti jamur yang bersifat topikal ( dioleskan pada kulit ) . Solusi terbaik adalah mengkombinasikan kedua terapi sistemik dan topikal ini karena memberikan efek terbaik . Pengobatan topikal saja hanya bersifat efektif digunakan pada anak kucing karena dosis yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi. Dalam kasus tertentu pengobatan sistemik lebih penting daripada pengobatan topikal , meskipun yang terakhir masih bisa sangat membantu .

Beberapa obat sistemik anti jamur yang tersedia yang biasanya sangat efektif terhadap dermatofit biasanya harus diberikan selama minimal 6 minggu . Beberapa jenis obat yang tersedia di antaranya :
Itraconzole, sering digunakan dan salah satu obat yang paling efektif untuk dermatofitosis pada kucing.
Griseofulvin – salah satu jenis obat lama yang dulu sering digunakan - tetap efektif , tapi itraconazole adalah pengobatan yang lebih mudah dan lebih efektif.

Obat lain - lain seperti terbinafine dan flukonazol juga telah berhasil digunakan untuk mengobati dermatophytoisis pada kucing tetapi mungkin tidak seefektif itrakonazol dalam kebanyakan kasus.

Pengobatan yang bersifat topikal
Terapi topikal dapat memainkan peran yang sangat penting dalam mengurangi pencemaran lingkungan dan membantu untuk mempercepat resolusi penyakit . Berbagai persiapan yang tersedia:

Krim anti - jamur ( misalnya , krim mikonazol ) - dapat membantu mengatasi infeksi di area lokal , tetapi harus hati-hati karena kucing bisa saja menjilati krim ini.

Sampo anti - jamur , yaitu jenis shampoo yang mengandung miconazole dan chlorhexidine .Sampo Ini dapat digunakan dua kali seminggu pada kucing dan telah ditemukan untuk menjadi sangat efektif dalam membantu mengobati infeksi.

Sabun mandi anti jamur , misalnya sabun kapur - sulfur atau dips enilconazole . Sabun ini dapat digunakan secara teratur dan membantu dalam mengobati infeksi.

Category: KesehatanTags: