Tips Cara Mengobati Diare pada Kucing

0 2826

Sibuntut.com - Ingin tahu cara mengobati diare pada kucing?Kucing merupakan jenis hewan mamalia yang sensitif terhadap makanan serta lingkungan. Kucing juga sangat agresif dalam melahap berbagai jenis makanan yang ada di depannya sehingga mengakibatkannya sangat rentan terkena gangguan pencernaan.

Pada umumnya, kucing tidak memiliki pola makan yang teratur. Kucing gemar mengkonsumsi makanan yang mengandung cita rasa walaupun baru saja melahap santapan rutinnya. Oleh karenanya, kucing sangat berisiko terkena mencret atau diare.

Banyak hal yang menyebabkan diare pada kucing. Hal pertama adalah kualitas makanan. Pecinta kucing harus memperhatikan sepenuhnya kualitas makanan yang akan disajikan. Hal pertama tentu adalah tingkat kesegaran. Banyak pecinta kucing memilih untuk menghidangkan makanan yang tidak segar, atau makanan yang dihangatkan. Nah, makanan jenis ini akan sangat berisiko menyebabkan mencret pada kucing. Hal kedua adalah kebersihan tempat makanan. Pastikan bahwa tempat makanan dan minuman yang digunakan dicuci secara rutin dan bersih. Tempat makanan yang masih mengandung sisa-sisa makanan akan mengundang bakteri untuk berkembang biak sehingga berpotensi mengganggu kesehatan kucing.

Hal ketiga adalah pola makan kucing itu sendiri. Kucing yang diberikan porsi makanan yang cukup, akan jauh dari risiko terkena diare dibandingkan kucing yang masih merasa lapar. Kucing yang lapar akan mencari makanan sisa atau makanan di luar rumah untuk memastikan jumlah makanan yang dikonsumsinya cukup. Bahkan, pada kasus-kasus tertentu, karena kekurangan porsi makan, kucing malah berisiko kekenyangan sehingga rentan terkena diare.

Jika diare sudah menyerang, pastikan anda melakukan serangkaian langkah cepat untuk memastikan pengobatan yang dilakukan tepat dan efisien.

1. Memberikan Makanan Alami

Jika anda biasa memberikannya makanan siap santap,untuk sementara gantilah jenis makanan tersebut dengan makanan kucing lain yang lebih banyak mengandung unsur-unsur organik. Makanan ini sangat penting untuk tetap menjaga lambung dan pencernaan kucing anda tidak memperoleh beban yang berat.

2. Memberikan Air Segar

Pastikan bahwa asupan air mencukupi kekurangan cairan yang dialami oleh kucing anda. Kucing yang mengalami diare akan sangat mudah merasa kehausan, oleh karenanya pastikan air bersih dapat diakses dengan mudah oleh kucing anda.

3. Konsultasi dengan Veteriner

Jika keluhan diare bertambah serius atau parah, jangan tunda lagi untuk membawa kucing peliharaan anda ke veteriner. Mereka akan memberikan resep serta tindakan cepat untuk memastikan kucing anda dapat ditangani dengan baik.

Imgae Credit:

Category: KesehatanTags: