Berapa Durasi Waktu Yang Dibutuhkan Kucing untuk Tidur?

0 5216

Sibuntut.com- Kucing peliharaan yang tinggal di rumah biasanya hidup di tengah kondisi yang nyaman. Kehidupan kucing rumah pada dasarnya terdiri dari empat kegiatan: bermain, mengotak-atik perabotan, makan dan tidur.Tidur pada kucing merupakan jenis aktivitas yang paling memakan waktu.

Sumber http://www.petsmagazine.com.sg/

Sumber http://www.petsmagazine.com.sg/

Kucing merupakan salah satu hewan yang berada di dalam kasta tertinggi dalam kerajaan hewan. Hal ini dikarenakan kucing secara alami merupakan predator.

Pada saat melakukan perburuan atau aktivitas lain, kucing mengeluarkan energi yang cukup besar. Energi ini digunakan mereka untuk berlari, memanjat, mengintai, dan berkonsentrasi penuh terhadap target yang mereka incar. Kucing meletakkan totalitas sepenuhnya pada aktivitas.

Setelah aktivitas perburuan selesai, kucing akan kembali menyeimbangkan energi yang ada di dalam tubuhnya yang telah hilang. Hal ini berarti mereka harus melakukan pendinginan dengan tidur-tiduran di ubin teras atau beristirahat di atas padang rumput sambil merapikan bulu mereka.

Setelah semuanya tuntas, kucing akan mendekati fase puncak istirahat mereka yaitu tidur. Tidur bagi kucing merupakan fase penting karena di sinilah mereka akan memperoleh energi mereka kembali setelah berjam-jam mereka gunakan untuk berburu dan bermain. Tidur ini mereka gunakan untuk menabung energi baru untuk aktivitas mereka di malam hari.

Durasi tidur pada kucing sangat bergantung pada apa yang mereka makan. Jumlah porsi makanan serta jenis makanan yang mereka konsumsi sangat mempengaruhi berapa lama waktu tidur yang mereka gunakan. Makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi akan membuat durasi tidur mereka bertambah lama.

Berdasarkan porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi, kucing menghabiskan waktu untuk tidur sebanyak 16-20 jam sehari.  Untuk kucing yang baru lahir, durasi tidur mereka bahkan hampir mendekati 24 jam!

Selama tertidur 20 jam, kucing sebenarnya tidak mengalami fase yang sama dengan manusia. Selama 20 jam waktu istirahat mereka, ada fase di mana mereka tetap terjaga, sembari istirahat. Kucing memiliki kepekaan indra yang cukup tinggi sehingga mereka sangat peka terhadap kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya.

Indra penciuman mereka sangat tajam sehingga ketika tidur, mereka bisa terganggu oleh aroma ikan asing yang sedang digoreng. Begitu juga indra pendengaran mereka yang sanggup menangkap suara dengan jarak puluhan meter, walaupun mereka sedang tetidur.

Ketika mereka mendeteksi ada sesuatu yang menarik, atau berpotensi mengganggu kenyamanan mereka, kucing akan serta merta terbangun sepenuhnya dan siap beroperasi.

Kucing rumahan walau tidak berburu, mereka tetap membutuhkan waktu tidur yang cukup lama. Selain itu, secara alamiah, rasa kenyang yang mereka dapatkan dari makanan yang diberikan oleh tuan rumah, tidak mampu menghilangkan naluri mereka untuk berburu atau sekedar bermain dengan mangsa. Oleh karenanya, tetap saja kucing rumahan juga tetap membutuhkan durasi tidur yang cukup lama.

DI malam hari kucing peliharaan juga akan cenderung terjaga dan mencari objek-objek yang menarik mereka untuk berburu. Hewan-hewan kecil seperti cicak, atau hewan pengerat seperti tikus merupakan objek yang menarik bagi mereka.

Sebagai predator, durasi tidur kucing sangat membantu mereka untuk selalu dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh mereka. Dengan durasi tidur yang cukup, mereka tetap dapat menikmati aktivitas alamiah mereka sebagai karnivora.

Category: PerilakuTags: