Mengatasi Gangguan Kutu pada Kucing

0 5592

Sibuntut.com - Kutu merupakan jenis serangga yang bersifat parasit. Kutu adalah parasit bersayap yang memakan darah inangnya (dalam hal ini, kucing Anda). Mereka adalah salah satu parasit yang paling sering muncul di kulit kucing Anda. Gangguan kutu pada kucing sangat berpengaruh dan menyebabkanr rasa frustrasi berkelanjutan bagi pemilik hewan peliharaan. Ada berbagai jenis spesies kutu yang kerap kali mengganggu kucing Anda, salah satunya Ctenocep halides felis. Spesies ini mempengaruhi kucing dan adalah jenis yang paling umum dari kutu di dunia.

Mengetahui gangguan kutu pada kucing

Kebanyakan pemilik hewan peliharaan tidak menyadari kucing mereka berkutu sampai mereka melihat kucing mereka menggaruk. Beberapa kucing dapat memiliki jumlah kutu yang sangat banyak tanpa adanya rasa gatal di kulit , ada juga kucing yang menjadi sangat sensitif terhadap air liur dalam gigitan kutu sehingga cukup seekor kutu saja dapat menyebabkan dia gatal dan menggaruk.

gangguan kutu pada kucing

Kutu Pada Kucing Sumber animals.howstuffworks.com

Tanda-tanda gangguan kutu pada kucing
-Garukan, dan cenderung memiliki keinginan tinggi untuk menggigit dan mencakar, terutama di sekitar leher, telinga dan di sekitar pangkal ekor.
-Beberapa kucing sensitif terhadap air liur dalam gigitan kutu dan dapat mengembangkan pengerasan kulit, ini sangat umum di sepanjang punggung.
-Anda mungkin melihat telur kutu dan kotoran di tempat tidur nya. Telur kutu biasanya berwarna putih, dan memiliki bentuk dan tampilan seperti garam atau merica.

Saat anda memutuskan untuk memeriksa bulu kucing Anda, berhati-hatilah! Perhatikan secara dekat pangkal ekor dan sekitar leher. kutu berwarna coklat dengan tubuh pipih, dan sekitar 2mm panjang.

Efek Jangka Panjang Kutu terhadap Kucing

Kutu dapat memberikan kerugian yang serius terhadap kesehatan kucing. Parasitasi kutu pada anak kucing dapat menyebabkan anemia jika terus berlangsung secara jangka panjang.
Banyak kucing mengalami alergi terhadap air liur kutu (dermatitis). Dermatitis merupakan kondisi yang  tidak nyaman, ditandai dengan gatal, menggigit bagian yang gatal, dan mencakar bersama dengan beberapa papula. Jika tidak diobati,  bagian tubuh yang digigit dan dicakar dapat merusak kulit dan menyebabkan infeksi bakteri.

Cara Menyingkirkan Kutu Kucing:
Ada dua metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk  mengobati kucing yaitu pengobatan di dalam lingkungan dan luar lingkungan. Keduanya harus dilakukan pada waktu yang sama.
Ada beberapa metode pengendalian kutu untuk kucing yaitu menggunakan sampo, sisir kutu, semprot, tablet, bubuk, pengatur pertumbuhan serangga dan perawatan topikal. Karena bersifat kuratif, sangat disarankan anda berkonsultasi dengan veteriner langganan Anda untuk memastikan dosis dan cara penggunaan obat-obatan tersebut tepat sesuai dosis.

Melakukan kontrol terhadap  kutu pada kucing Anda adalah metode terbaik dari kontrol kutu. Pastikan tempat tidur kucing Anda secara teratur dicuci dan dibersihkan. Kendali secara komprehensif akan mengurangi risiko yang lebih serius akibat serangan kutu pada kucing Anda.

Category: KesehatanTags: