Ingin Memelihara Kucing Garong?Ini Tipsnya!

0 5151

Sibuntut.com - Ada banyak teori tentang asal muasal kucing garong. Ada yang berpendapat bahwa kucing garong merupakan jenis kucing yang berasal dari spesies tertentu,namun pendapat yang paling umum menyatakan bahwa kucing garong adalah setiap kucing yang lahir di alam liar, dan tidak memiliki kontak langsung dengan manusia.

Kucing liar yang pernah dijadikan sebagai hewan peliharaan dan sekarang menjadi kucing liar tidak dianggap sebagai kucing garong. Seekor Kucing garong biasanya memiliki tanda-tanda dan perilaku : mudah takut,  melarikan diri ketika mendekati, dan menyerang ketika terpojok. Namun, ada beberapa cara untuk menjinakkan kucing garong. Seiring berjalannya  waktu, kucing garong dapat dijinakkan dan dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Sumber http://www.abc.net.au/

Sumber http://www.abc.net.au/

Hal pertama yang harus diantisipasi adalah memahami psikologi kucing garong dan rasa takut yang mereka tunjukkan. Kucing dapat menunjukkan perilaku takut dengan berbagai alasan. Semua kucing takut harus didekati dengan cara yang sama, tetapi waktu yang dibutuhkan akan sangat bervariasi tergantung pada pengalaman dan temperamen mereka. Kucing jinak yang telah kabur (yaitu piatu) mungkin kembali ke perilaku yang menakutkan. Kucing ini sering dapat dijinakkan lebih mudah dan lebih cepat daripada kucing garong, tetapi harus didekati dengan cara yang sama.

Kucing garong  yang paling sulit dijinakkan adalah mereka yang telah memiliki pengalaman negatif dengan manusiaPengalaman ini dapat berkisar dari pelecehan atau ketakutan secara terus menerus akibat manusia, seperti dikejar oleh anak-anak di sekitar. Jika kucing sudah trauma, kucing jenis ini tidak akan mau disentuh atau bahkan dielus,

Kepercayaan adalah kunci untuk menjinakkan kucing menakutkan. Jangan mencoba untuk mengejar, menyudutkan, atau mengambil kucing yang ketakutan. Hal ini tidak hanya menyebabkan kucing menggigit dan mencakar, tapi juga  akan merusak setiap upaya untuk menjinakkan kucing anda.

Seekor kucing garong Butuh waktu untuk dijinakkan. Sebuah kucing yangberumur 5 minggu, dapat dijinakkan dalam dua hari, hanya dengan menanganinya selama beberapa jam setiap pagi dan sore. Berbeda halnya untuk kucing yang berumur di atas 1 tahun. Anda membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk bisa menjadikannya hewan peliharaan, atau bahkan menjinakkannya.

Makanan merupakan salah satu cara untuk menarik kucing garong ke arah anda. Pastikan mereka memahami Anda sebagai sumber pemberi makanan. Setelah kucing Anda terbiasa melihat Anda sebagai sumber makanan, dan Anda melihat dia secara teratur, cobalah dekati dan duduk di dekatnya. Jika kucing mempercayai Anda, ia mungkin makan di depan Anda.

Seiring waktu, Anda dapat memangkas jarak aman antara anda dan kucing tersebut.  Coba duduk dekat dengan makanan, dan biarkan dia datang ke sana. Usahakan anda tidak datang mendekatinya tapi biarkan kucing berjalan ke arah makanan. Hal ini penting untuk membiarkan kucing memilih zona nyaman yang diinginkannya, bukan sebaliknya.

Pada akhirnya kucing Anda nyaman makan dekat dengan Anda. Sebelum Anda mencoba setiap kontak fisik dengan dia, biarkan dia untuk bisa mengendus atau mencium lengan anda. Anda dapat mengulurkan tangan anda dan memungkinkan dia untuk mengendus, atau menjangkau dengan topi, kacamata, atau item lain dengan aroma Anda. Anda dapat menggunakan tongkat atau apapun dan gosok tangan Anda di atasnya untuk memungkinkan aroma anda diingat olehnya. Setelah melakukan hal itu selama beberapa hari, cobalah beri makan kucing Anda melalui tangan anda.

Beberapa kucing, terutama mereka yang telah mengalami trauma, mungkin tidak akan pernah bisa melewati dengan mudahi langkah-langkah ini. Kucing ini mungkin tidak bisa menjadi hewan peliharaan sepenuhnya, dan Anda mungkin ingin hanya menjaga hubungan yang lebih jauh dengan mereka. Oleh karenanya, putuskan kucing garong yang ingin anda jinakkan setelah melalui tahapan-tahapan yang sudah dilalui.

Category: Berita Pilihan, PermainanTags: