Mengatasi Masalah Kucing Buang Air di Tempat Tidur

0 16769

Sibuntut.com - Buang air kecil sembarangan merupakan salah satu kebiasaan buruk pada kucing yang sulit dihilangkan. Pemicu kebiasaan ini diakibatkan oleh bermacam-macam faktor. Faktor yang pertama adalah stres.

 mengatasi kucing buang air sembarangan

Sumber http://allaboutcatsonline.com

Stres merupakan penyebab utama kucing berperilaku buang air kecil sembarangan. Hal ini biasanya dipicu oleh perubahan radikal yang terjadi dalam kehidupan kucing Anda, misalnya  pindah rumah,adanya anggota keluarga baru (baik hewan peliharaan maupu manusia), atau adanya kucing tetangga yang berkeliaran di sekitar kediaman Anda.

Walaupun sangat menjengkelkan, anda perlu mengatasi permasalahan utama dari stres pada kucing Anda secara alami. Anda harus berfikir jernih dan positif dalam menganalisis penyebab utama kenapa kucing Anda mengalami stres seperti ini. Mulailah dengan pertanyaan, apakah perilaku ini muncul tiba-tiba?

Jika Anda dapat menemukan penyebab stres, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik  untuk membantu kucing Anda mengatasi stres ini. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan memberikan feromon sintetis seperti Feliway misalnya. Feliway adalah feromon wajah sintetis, feromon wajah menginduksi rasa nyaman dan aman pada kucing dan menurunkan tingkat stres.

Membersihkan tempat tidur dari bekas buang air kecil kucing

Membersihkan tempat tidur dari bekas buang air kecil kucing Anda dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana. Beberapa bahan dapat Anda ambil dari ruang dapur Anda sendiri. Alat dan bahan yang Anda butuhkan adalah:
-Botol semprot kosong.
-1 bagian cuka putih.
-2 bagian air hangat.

Jadi, rasio cuka putih dan air hangat adalah 1:2. Masukkan semua bahan ke botol, lalu kocok dengan baik.
Jika anda tidak memiliki cuka putih, Anda dapat menggunakan baking soda. Berikut bahannya :
2 sendok makan baking soda.
15oz hidrogen peroksida.
2 semprot sabun mandi.
Masukkan ke dalam botol, lalu kocok secara merata untuk disemprotkan ke bagian yang terkena kotoran.

Cara membersihkan tempat tidur dari bekas kotoran kucing

Jika urine kucing Anda telah mengering, Anda pasti akan mengalami masalah untuk menemukan daerah kotor. Oleh karenanya, Anda dapat menggunakan blacklight. Dengan menggunakan blacklight, urine kucing akan menyala hijau, sehingga mudah untuk ditemukan. Anda harus dapat membeli blacklight dari toko peralatan listrik atau situs belanja online.

Sumber http://wikimedia.org

Jika urine di tempat yang terkena masih basah, anda dapat menghilangkannya sebanyak yang Anda bisa dengan menggunakan handuk kertas. Ada banyak produk yang tersedia secara komersial di pasar yang dirancang untuk menghapus dan menetralisir bau urine kucing. Beberapa produk tersedia dalam bentuk bubuk, sehingga dapat dengan mudah untuk disebarkan, jenis yang lain tersedia dalam bentuk cair(sering sebagai semprotan), sehingga mudah untuk dikeringkan dengan menggunakan pengering rambut.

Mengatasi urine kucing bukanlah hal sulit, tetapi hal terpenting adalah mengatasi sumber permasalahannya sehingga Anda dapat mencegah kucing Anda buang air kecil secara sembarangan.

 

Category: Tempat TidurTags: