Manfaat Sayuran untuk Kucing

0 12170

Sibuntut.com - Kesehatan pada kucing umumnya sangat berkaitan erat dengan pola makan yang dilakukan. Ada beberapa cara yang mudah dilakukan untuk membantu kucing  Anda lebih sehat. Salah satunya dengan memberikan sayuran bagi kucing Anda. Menambahkan beberapa jenis sayuran pada program dietnya adalah cara yang bagus untuk memberikan variasi dan alternatif bagi makanan kucing Anda.

Secara umum, perlu diingat bahwa diet kucing tidak hanya harus sayuran. Kucing sejatinya adalah karnivora,namun sistem pencernaan mereka secara alamiah dapat beradaptasi secara baik pada sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang dapat Anda berikan pada kucing Anda. Namun, jika Anda ragu terhadap sayuran apa saja yang tepat bagi kucing Anda, serta masalah spesifik tentang kebutuhan makanan kucing Anda, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan Anda sebelum Anda memberikan jenis sayuran apapun pada kucing Anda.

manfaat sayuran untuk kucing

Sayuran Untuk Kucing

Jenis sayuran pertama yang cocok bagi kucing Anda adalah wortel. Wortel merupakan bahan makanan yang  sangat baik karena banyak mengandung variasi vitamin dan mineral, termasuk sehat beta-karoten yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan sel tubuh mamalia. Untuk menyajikan wortel pada kucing Anda, pastikan wortel yang Anda sajikan sudah direbus terlebih dahulu. Setelah itu potong kecil-kecil wortel dalam kuantitas sesuai dengan selera Anda untuk memudahkan kucing Anda mengkonsumsinya.

Jenis sayuran lain yang baik bagi kucing Anda adalah kacang polong. Kacang polong kaya akan protein dan karbohidrat sehingga efektif memberikan rasa kenyang pada kucing. Kacang polong lazimnya disajikan sebagai campuran dalam sup atau kombinasi sayuran. Anda dapat menyertakan kacang polong dalam konsumsi harian kucing Anda.

Sayuran berikutnya adalah brokoli. Jenis sayuran hijau yang biasanya ditemukan dalam tumisan ini sangat baik disajikan pada kucing. Biasanya, kucing memiliki kecenderungan mengunyah tanaman berdaun yang ada di sekitar rumah. Kebiasan ini bisa berbahaya apabila tanaman yang dikunyah mengandung racun atau getah yang dapat mengganggu pencernaan mereka. Nah, brokoli yang dikukus merupakan salah satu makanan yang dapat mengalihkan perhatian kucing Anda dari mengunyah  tanaman berdaun yang ada di sekitar rumah Anda. Selain itu, antioksidan yang ditemukan dalam brokoli juga bisa menjadi manfaat tambahan untuk diet kucing Anda.

Jenis sayuran lain yang mudah dijumpai dan dapat disajikan pada kucing Anda adalah kacang panjang. Kacang panjang adalah salah satu dari jenis sayuran yang direkomendasikan sebagai campuran makanan pada kucing Anda. Kacang panjang sangat efektif dalam membantu program diet bagi hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung banyak serat yang berfungsi menyerap lemak tak jenuh yang ada pada saripati makanan.

Labu air, adalah jenis sayuran lain yang sangat menyehatkan bagi kucing Anda. Labu mengandung bakteri  baik  yang dapat membantu menormalkan lingkungan pencernaan kucing Anda jika dikonsumsi dalam jumlah yang benar. Selain itu, labu air juga dapat membantu menghilangkan masalah sembelit atau masalah diare pada kucing.

Category: MakananTags: