Menakar Kebutuhan Air Minum pada Kucing

0 4011

Sibuntut.com - Sebagaimana mamalia lainnya, air minum merupakan kebutuhan yang fundamental bagi kucing. Minum air dalam jumlah yang tepat akan sangat membantu kebutuhan harian kucing. Kebanyakan orang tidak berpikir air sebagai bagian dari nutrisi. Namun mengingat bahwa porsi air dalam tubuh kucing terdiri dari 2/3 berat badan kucing, hal ini menegaskan bahwa air sangat berperan penting sebagai pusat dari semua proses kimia dalam tubuh. Hal ini menegaskan air sebagai muara dari semua nutrisi.

minum  untuk kucing

Sumber http://pet-happy.com/

 

Air memiliki banyak fungsi fisiologis. Air mengangkut nutrisi dan oksigen melalui aliran darah  ke dalam sel, melembabkan udara di paru-paru, mengatur suhu tubuh, melindungi dan melembabkan sendi dan organ internal, serta membantu menghilangkan  limbah sisa metabolisme melalui ginjal dan saluran pencernaan.

Kucing secara alamiah tidak minum banyak air. Secara fisis, kucing mampu untuk mendapatkan kebutuhan air mereka melalui makanan yang mereka konsumsi.

Di alam liar, kucing mendapatkan air dari mangsa yang baru saja mereka bunuh(misalnya, tikus kecil, burung, amfibi, dan serangga), yang semuanya mengandung sekitar 70 sampai 75 persen air.

Bagi kucing rumahan, mereka dapat memperoleh air dari makanan kaleng yang mengandung 67-73 persen air. Namun, mereka akan mengalami dehidrasi bila kadar air makanan turun menjadi kurang dari 61 persen, karena itu, kucing biasa makan tikus atau burung untuk  memperoleh air yang cukup dalam diet mereka sehingga air minum tambahan tidak selalu diperlukan.

Berapa jumlah air minum yang diperlukan oleh kucing?

Jumlah air yang diminum oleh kucing tergantung pada berbagai faktor, termasuk ukuran kucing. aktivitas, musim, dan program diet yang mereka ikuti. Perlu diidentifikasi, apakah [program diet kucing memasukkan makanan basah atau jenis makanan  kering.

Faktor-faktor seperti suhu udara yang tinggi, aktivitas, atau menyusui dapat menyebabkan porsi minum mereka bertambah dua hingga 3 kali. Dan, tentu saja, penyakit seperti hipertiroidisme, penyakit ginjal, dan diabetes juga menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya kebutuhan air sehari-hari kucing.

Jadi berapa banyak yang harus kucing minum? Kebutuhan air setiap hari Seekor kucing normal berkisar antara 5 sampai 10 ons cairan per hari (atau rata-rata 60 ml / kg / hari). Kucing yang mengkonumsi makanan kaleng akan menerima banyak kebutuhan air sehari-hari dari makanan, karena makanan kaleng mengandung sekitar 70 sampai 80 persen air. Sebaliknya, makanan kering  hanya mengandung kadar air antara 7 sampai 10 persen.

Kucing normal yang mengkonsumsi makanan kaleng mungkin perlu minum kurang dari 1 ons tambahan air per hari, sedangkan kucing yang mengkonsumsi diet kering mungkin perlu minum lebih dari 7 ons per hari untuk tetap menjaga tubuhnya dari dehidrasi. Porsi Ini tentu lebih tinggi dari air yang biasa dikonsumsi. Oleh karenanya, ketika Anda memutuskan program diet bagi kucing Anda, berkonsultasilah dengan veteriner langganan Anda, dan pastikan bahwa Anda sudah menakar kemampuan Anda dalam memfasilitasi kebutuhan nutrisi bagi kucing Anda.

Category: MakananTags: