Mengatasi Kebiasaan Kucing Menggaruk Perabotan

0 2379

Sibuntut.com - Secara alamiah, kucing memiliki kebiasaan menggaruk pada benda-benda bertekstur keras. Mereka biasa menggaruk batang pohon, tiang pagar dan furnitur tentu bukan tanpa alasan. Hal ini mereka lakukan sebagai cara meninggalkan tanda teritorial di tempat-tempat yang menonjol di mana mereka merasa terancam oleh kehadiran sesuatu yang asing, atau hewan peliharaan lain yang lokasinya dekat dengan mereka.

mengatasi kebiasaan menggaruk pada kucing

Sumber http://petsmart.com

Ketika mereka melakukan hal ini, mereka biasanya meninggalkan aroma serta tanda fisik. Setelah kawasan yang mereka garuk ini tertandai, kucing biasanya tertarik kembali untuk memperbaharui 'kepemilikan' dan begitu seterusnya di lokasi yang sama.

Selain alasan psikologis dan sosial, kucing juga menggaruk untuk mempertajam cakar mereka dan menghilangkan kulit luar cakar mereka yang sudah usang. Hal ini mereka lakukan  ketika lapisan baru cakar yang ada di bawahnya sudah siap untuk tumbuh.

Solusi Mengatasi Kebiasaan Menggaruk Perabotan Furniture

Jika kucing memulai aktivitas menggaruk furnitur Anda, hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah memberikan alternatif dengan menandai lokasi tempat menggaruk. Carilah benda yang cukup kokoh dengan ketinggian yang tepat sesuai kebiasaan kucing Anda sehingga memungkinkan kucing untuk meregangkan tangannya ke atas.

Selain benda yang memiliki ketinggian, ada beberapa jenis kucing yang lebih memilih untuk menggaruk permukaan yang datar seperti karpet. Oleh karenanya, Anda dapat mencari sebuah benda yang terhampar secara horisontal untuk mereka gunakan. Di pasaran banyak tersedia scratch post yaitu sejenis hamparan yang dapat digunakan sebagai tempat menggaruk,beberapa di antara scratch post memiliki struktur bentuk yang untuk kucing Anda untuk naik, dengan berbagai tingkat.

Untuk memberikan rasa nyaman dan rasa memiliki terhadap perabotan yang ada di rumah Anda, gosoklah kucing Anda dengan lembut di sekitar wajahnya dengan kain untuk menenangkan mereka dan kemudian usapkan ke lokasi tempat kucing Anda melakukan garukan.

Jangan pernah menghukum kucing Anda akibat aktivitas garukan yang merusak furnitur Anda. Jika Anda menemukan kucing Anda sedang menggaruk, alihkan perhatiannya dengan mainan, atau benda yang dapat membuatnya penasaran dan ingin mengejarnya. Selalu berikan apresiasi dan pujian setiap kali kucing Anda menggunakan scratch post. Usap dan berikan kelembutan ketika mereka melakukannya. Hal ini akan memberikan rasa nyaman dan kepercayaan dalam diri kucing Anda. Cemilan dapat anda berikan untuk untuk mendorong kucing dalam menggunakan scracth post. 

Untuk benda-benda yang sudah terlanjur digunakan sebagai scracth post seperti sofa,misalnya, potonglah pinggiran yang compang-camping dan lap dengan kain pembersih untuk menghilangkan aroma yang telah kucing Anda tinggalkan. Aroma yang masih tertinggal akan membuat kucing Anda menginvestigasi kembali tempat tersebut dan tidak mustahil dia akan mengulangi aktivitas menggaruknya di tempat tersebut. Anda juga bisa mengubah sofa dengan menutupinya dengan kain perca untuk mengubah persepsi kucing Anda bahwa bagian tersebut pernah dijadikan sebagai scracth post oleh mereka.

Category: PerilakuTags: