Mengatasi Penyakit Batuk pada Kucing

0 14893

Sibuntut.com – Anda mungkin sering menemukan seekor kucing yang terbatuk-batuk di pagi hari. Penyakit batuk  pada kucing umumnya merupakan masalah yang mendasar. Gejala ini merupakan implikasi terhadap agngguan  sistem pernapasan atau kardiovaskular . Gejala batuk ini sebenarnya  berfungsi sebagai mekanisme perlindungan tubuh dalam mencegah akumulasi sekret dan benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan.  Tetapi, batuk juga dapat ditafsirkan sebagai tanda peringatan dini gangguan pernafasan .

Respon otomatis ini  merupakan salah satu refleks yang paling kuat dalam tubuh dan sangat penting untuk menjaga saluran udara bebas dari akumulasi sekresi dan benda asing . Oleh karena itu, batuk dinilai sebagai respon normal untuk setiap invasi , obstruksi , atau bahkan  kelainan saluran napas . Istilah medis untuk batuk adalah tussis , dan kondisi ini dapat ditemukan pada kucing dari berbagai usia dan keturunan .

penyebab batuk pada kucing

Sumber : jasonlefkowitz.net

Penyebab Utama Batuk

-Penyakit saluran pernapasan termasuk tumor , infeksi ( virus , bakteri , dan parasit )

-Pneumonia aspirasi ( pneumonia karena pintu masuk isi perut atau partikel makanan tertelan ke dalam saluran pernapasan )

-Adanya benda asing pada saluran pernapasan

-Alergi

-Penyakit jantung

Pengobatan

Fokus utama dari tindakan pengobatan ini adalah untuk mengatasi penyebab utama yang mendasari penyebab batuk itu sendiri . Hasil diagnosa dari veteriner akan memberikan resolusi yang mendasar tentang penyebab utama batuk. Resolusi ini akan berisi resep yang berisi daftar obat yang dapat dikonsumsi.

Pada kasus gangguan batuk yang lebih parah , kucing Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk diberikan perawatan intensif dan pengobatan . Kucing akan mendapatkan oksigen jika selama perawatan didiagnosa bahwa kucing mengalami kesulitan bernafas. Selain itu antibiotik dengan spektrum luas akan diberikan untuk infeksi yang menyebabkan batuk . Obat untuk mengurangi batuk dapat diberikan kepada kucing Anda , tapi hal ini akan sangat bergantung saran dari veteriner Anda karena obat penekan batuk tidak lantas dapat mengatasi gangguan pernafasan pada kucing anda.

Berhati-hatilah dengan semua jenis obat yang digunakan untuk  menyembuhkan kucing Anda. Obat jenis apapun,  termasuk penekan batuk , bisa berbahaya bagi kucing Anda apabila digunakan dalam dosis yang tidak tepat . Penting untuk dicatat bahwa salah satu penyebab utama kematian pada hewan peliharaan rumah tangga dikarenakan kelebihan dosis obat.

Category: KesehatanTags: