Mengatasi Penyakit Flu pada Kucing

0 7708

Sibuntut.com -Penyakit flu pada kucing memiliki gejala yang sama dengan penyakit flu pada manusia. Flu pada kucing dapat menyebabkan hidung meler, mata berair, serta sakit tenggorokan. Gejala lain yang biasanya muncul diantaranya sakit dan nyeri pada otot dan sendi, bisul mulut, bersin, kehilangan suara dan demam. Gejala flu pada kucing dewasa biasanya tidak terlalu mengkhawatirkan, walaupun hal ini sangat menyiksa bagi mereka. Sangat disarankan untuk membawa kucing yang terkena flu untuk ditangani oleh dokter hewan.

mengatasi penyakit flu pada kucing

Sumber http://care2.com

Beberapa gangguan penyakit flu pada anak kucing mungkin bisa lebih parah. Biasanya hal ini disertai oleh gangguan penyakit lainnya. Walau begitu, gangguan ini pada umumnya sangat jarang terjadi.

Efek dari penyakit flu pada kucing yang cukup mengkhawatirkan adalah risiko kerusakan permanen pada mata. Penyakit flu bisa menyebabkan timbulnya bisul pada mata dan gangguan ini umumnya terjadi pada anak kucing. Bisul pada mata kucing dapat berkembang menjadi  kerusakan serius dan bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada mataJika kucing atau anak kucing yang mengalami sakit flu memiliki masalah dengan mata atau matanya tertutup, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter hewan untuk ditangani lebih lanjut.

Penyebab flu pada kucing
Penyakit flu pada kucing biasanya disebabkan oleh virus, atau bakteri. Setelah terinfeksi, kucing akan menumpahkan partikel virus di hidung dan mata melalui ingus dan air liur.

Meskipun kucing yang sedang terkena flu adalah penyebab utama penularan penyakit flu, beberapa kucing yang sehat juga berpotensi menjadi pembawa virus. Kucing sehat tidak menderita penyakit tersebut, tetapi mereka dapat menyebarkan partikel virus dan menginfeksi kucing lainnya.

Partikel flu bisa bertahan sampai seminggu di lingkungan, sehingga kontak kucing sehat dengan kucing yang membawa penyakit secara minim pun tetap berpotensi menyebabkan infeksi.

Penyakit flu dapat dengan mudah ditularkan melalui kontak dengan mangkuk pakan yang terinfeksi atau mainan, atau pakaian orang setelah menyentuh kucing yang terinfeksi.

Merawat Kucing yang Terkena Flu

Hal yang paling penting anda lakukan untuk segera menekan gangguan flu pada kucing adalah mendorong kucing Anda untuk minum cairan sebanyak-banyaknya. Konsumsi air dalam jumlah yang cukup akan sangat membantu untuk melonggarkan sekresi catarrhal.

Anda juga dapat memberikan air garam sebanyak satu sendok teh garam untuk setengah liter air.Air ini diusapkan pada bagian mata dan hidung. Air garam dapat  membantu  melonggarkan radang selaput lendir hidung. Selain itu, uap air garam juga dapat diberikan saat kucing Anda berada di kamar mandi. Teteskan beberapa  Olbas Oil dalam wadah air hangat. Tempatkan ini di dalam ruangan dengan kucing,sehingga memberikan uap hangat dan efek katalis yang positif di rongga pernafasan kucing.

Penanganan penyakit flu secara tepat dapat mengurangi risiko yang lebih serius. Oleh karenanya, penanganan pertama harus didampingi secara intensif oleh dokter hewan untuk memastikan kondisi kucing Anda terpantau secara baik.

Category: KesehatanTags: