Mengatasi Rasa Takut Kucing terhadap Bunyi

0 8372

Sibuntut.com- Kucing secara naluriah memiliki reaksi alami terhadap suara keras atau suara yang datang tidak terduga.Sayangnya, ada beberapa jenis kucing yang memiliki ketakutan berlebihan terhadap kebisingan.Hal ini menyebabkan kucing menunjukkan perilaku senewen terhadap lingkungan di sekitarnya.

mengobati kucing takut suara

Sumber http://petsadviser.com

Kebanyakan kasus yang terjadi menyebutkan bahwa, ketakutan kucing yang berlebih terhadap suara disebabkan oleh perasaan feel insecure yang mendalam serta kurangnya kepercayaan pada manusia.

Jika kucing Anda memiliki rasa takut terhadap suara, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menumbuhkan hubungan saling percaya dengan kucing Anda. Ada beberapa metode yang dapat membantu kucing Anda untuk merasa lebih aman dalam lingkungannya. Hal ini sangat membutuhkan waktu dan kesabaran, tapi akhirnya kucing Anda akan dapat mengatasi ketakutan ini.

Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk membantu kucing merasa lebih aman di rumah, adalah dengan  memberikan kucing Anda persembunyian yang aman di mana dia tidak akan terganggu. Tempat persembunyian ini bisa berada di bawah tempat tidur, di belakang sofa, atau di sudut jauh dari rumah.

Jika kucing Anda telah memilih tempat sembunyi favoritnya, biarkan kucing Anda mendiami wilayah tersebut hingga ia benar-benar merasa aman. Jika kucing mengalami kesulitan mencari tempat yang aman, cobalah berikan satu buah kotak kardus, yang memiliki pintu sehingga memungkinkan kucing keluar dan masuk dengan mudah dari kotak tersebut.

Kucing dapat mengatasi rasa takut ketika mereka mempercayai orang-orang di sekitar mereka. Membentuk hubungan percaya dengan kucing akan memakan waktu dan kesabaran, namun dengan ketekunan Anda akhirnya akan dapat membentuk ikatan abadi dengan kucing Anda.

Cobalah untuk memberikan kucing Anda banyakkesempatan untuk berada di dekat Anda; ketika kucing mendekati Anda cobalah untuk tidak membuat suara atau gerakan secara tiba-tiba yang dapat membuatnya kaget.

Jangan pernah memaksa kucing Anda berada di dekat Anda.  Ini hanya akan meningkatkan rasa takut kucing Anda. Biarkan kucing datang kepada Anda ketika dia siap. Anda dapat mencoba untuk membujuk kucing dengan memberikannya mainan, tapi jangan berkecil hati jika ini tidak berhasil pertama, kedua, atau bahkan kelima puluh kalinya Anda mencoba. Jika Anda secara konsisten mempertahankan sikap tenang dan meyakinkan dan nada dekat kucing, ia akhirnya akan mulai mempercayai Anda.

Ketika kucing Anda akhirnya naik ke sofa untuk duduk di sebelah Anda, naluri Anda mungkin untuk membelainya atau memeluknya langsung karena Anda merasa senang dengan kedekatan tersebut. Namun, cobalah untuk tetap tenang dan santai, dan tidak menyentuh kucing. Selalu bergerak secara perlahan dan berikan sentuhan padakucing Anda dengan sentuhan yang lembut. .

Jika Anda memiliki kucing yang memiliki rasa takut yang berlebih,  hal ini tentu akan sangat mempengaruhi kualitas hidup kucing Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan veteriner tentang masalah ini. Jika veteriner Anda menyatakan bahwa kucing Anda mengalami ketakutan yang berlebih, ia mungkin akan menyarankan Anda untuk memberikannya obat penenang. Beberapa kucing hanya akan memerlukan obat untuk waktu singkat, sementara yang lain mungkin perlu pada obat-obatan untuk lebih lama lagi. Pastikan untuk mengikuti semua petunjuk dosis  yang diresepkan oleh veteriner Anda.

 

Category: PerilakuTags: