Mengetahui Tanda Tanda Kucing Puber

0 10401

SiBuntut.com - Sebagai seorang pemilik kucing, jika sobat ingin membuat keturunan untuk kucing (mengawinkan) dengan benar dan untuk menghindari perkawinan yang tidak diinginkan maka sobat sekalian perlu untuk mengetahui/mengontrol karakter kucing. Terutama ketika masa musim kawin, mengetahui kucing sedang masa kawin ini gampang gampang susah, tapi bagi sebahagian besar pecinta kucing (kucing mania) mungkin sudah pada tahu dan hapal tanda tanda kucing puber ini. Jadi bagi sobat yang belum tahu tanda tanda kucing ingin kawin disini SBT ingin memberikan sedikit tanda tanda dan masa puber kucing.

Perlu diketahui bahwa kucing yang sudah cukup umur (dewasa) atau mengalami masa pubertasnya, sekita 10 bulan akan tetapi kucing betina saat umur 7-8 bulan sudah mulai masa kawin yang berlangsung selama 4-10 hari atau kadang hanya 4-5 hari. Dan siklus ini akan berulang setelah 1 bulan.

Tanda Kucing BirahiPada Saat masa kawin kucing akan mengalami perubahan tingkah laku. Sobat pun harus peka melihat tanda-tanda kucing Puber ini, di antaranya:

  • Bentuk tubuh menjadi lebih bulat dan subur serta bulu bulunya kelihatan lebih bersinar dari biasanya.
  • Memiliki gerak gerik yang lebih Lincah dari biasanya serta nafsu makan jadi berkurang
  • Kucing lebih sensitif dan lebih manja terhadap pemiliknya, kadang suka berguling guling.
  • Kucing akan sering mengeong, suara mengeongnya kadang menjadi berat dank keras dan ini berlangsung lama, serta kaki belakangnya berjalan di tempat.
  • Bila dipegang di bagian punggung, diatas pangkal ekornya akan naik dan melengkung kesamping badannya

Nah jika kucing sobat sudah sudah mengalami tanda tanda diatas berarti mereka sudah minta untuk dikawinkan, So silahkan sobat carikan pasangannya, akan tetapi jika ini adalah masa kawinnya yang pertama (Umur 8-10 bulan) sebaiknya jangan dikawinkan dulu, sebab usia produktif untuk kucing kawin, mengandung dan melahirkan pada umur 1 tahun. Karena pada usia 1 tahun, kucing sudah benar-benar siap untuk memiliki anak dan merawatnya. Tetapi adakalanya seekor kucing betina sudah berusia setahun namun belum pernah menunjukkan tanda puber. Bila demikian kita bisa memberikan vitamin E untuk meningkatkan hormon sehingga memberikan dampak timbulnya keinginan untuk kawin.

Perlu juga untuk dipahami dan diketahui bersama jika kucing anda sudah dewasa, dan ketika masa kawin jangan di tahan sebab ini akan menimbulkan efek lain, diantaranya anda perlu memperhatikan timbulnya pyometra yang menyebabkan penundaan breeding sampai beberapa kali. Pyometra adalah infeksi uterus karena penumpukan hormon progesterone, dan mengakibatkan penebalan dinding uterus serta berpotensi tumbuhnya bakteri. jika terjadi pyometra maka harus diambil uterusnya agar tidak terjadi kematian.

Image by: kucingpersian.net

Category: Berita PilihanTags: