Tips Merawat Telinga Kucing dari Gangguan Penyakit

0 5623

Sibuntut.com - Bagian telinga pada organ tubuh mamalia merupakan daerah yang seling diabaikan. Hal ini juga pada umumnya terjadi pada kucing. Dengan segala keterbatasan yang dimilikinya, kucing tidak mampu untuk membersihkan dan merawat area telinganya secara sempurna. Oleh karenanya, secara kesehatan, area telinga pada kucing merupakan wilayah yang sangat rentan terkena gangguan penyakit.

Banyak pemilik kucing yang takut dan khawatir saat akan membersihkan telinga kucing. Kebanyakan pemilik kucing takut melakukan perawatan karena proses pembersihan dan perawatan dapat menyiksa dan menyakiti kucing kesayangan mereka. Hal ini menyebabkan banyak kucing peliharaan yang datang ke klinik dalam kondisi infeksi berat atau infestasi tungau yang sebetulnya dapat ditangani dengan cepat dan mudah jika terdeteksi sebelumnya. Perawatan telinga pada kucing jika dilakukan secara rutin sebenarnya sangat aman. Beberapa upaya perawatan yaitu terdiri dari inspeksi mingguan dan, dan pembersihan jika diperlukan.

merawat telinga kucing

Sumber http://www.best-cat-art.com/

Ciri-ciri yang biasanya terlihat pada tampilan telinga luar (kulit luar) kucing yang sehat adalah  telinga kucing sehat luar, atau  lazim disebut pinna, memiliki lapisan rambut lembut  di permukaan luarnya. Telinga kucing yang sehat tidak memiliki bintik-bintik atau bagian yang botak. Di bagian permukaan bagian dalam, telinga bersih dari kotoran dan berwarna merah muda. Jika Anda melihat ada rona kemerahan atau bengkak, telinga kucing Anda harus diperiksa oleh dokter hewan. Kucing yang memiliki masalah kesehatan pada telinganya pada umumnya akan terlihat tidak nyaman. Perhatikan tanda-tanda yang mungkin dialami oleh kucing Anda:

Menggaruk telinga sekitarnya secara intensif
Cenderung sensitif ketika disentuh bagian telinganya
kepalanya miring pada saat berdiri
Kepala cenderung gemetar
Kehilangan keseimbangan dan disorientasi
Kemerahan atau pembengkakan pada telinga atau telinga bagian luar kanal
Muncul bau yang tidak menyenangkan
Muncul rona Hitam atau kekuningan
Perdarahan dari telinga

Upaya pembersihan yang paling mendasar dapat anda lakukan secara mandiri.  Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah teteskan sedikit cairan pembersih telinga (sesuai dengan rekomendasi dokter hewan Anda) ke sebuah bola kapas bersih atau sepotong kain kasa. Lipat terbalik telinga kucing Anda secara lembut dan usaplah setiap puing-puing atau kotoran telinga yang dapat Anda lihat pada bagian dalam telinga luar. Angkat menghilangkan kotoran dan lilin dengan menggosok ke telinga Jangan mencoba untuk membersihkan bagian kanal telinga (rongga) dalam telinga kucing Anda karena dikhawatirkan dapat menyebabkan trauma atau infeksi. Jika anda melihat masalah yang cukup mengganggu di bagian tersebut, sebaiknya Anda melibatkan dokter hewan atau veteriner yang handal dalam menangani masalah tersebut.

Sejatinya, upaya preventif dan perawatan secara rutin sangat penting dilakukan terhadap bagian telinga kucing Anda. Kesehatan panca indera kucing merupakan hal yang paling utama untuk menjaga kesinambungan aktivitasnya setiap hari.

Category: KesehatanTags: