Tips Mengatasi Muntah Pada Kucing

0 38016

Sibuntut.com - Muntah merupakan reaksi normal yang seringkali muncul pada tubuh. Apa tujuan dari reaksi muntah? Muntah adalah sebuah upaya pengusiran tubuh terhadap isi lambung melalui mulut. Muntah melibatkan kontraksi kuat dari otot perut. Muntah dapat terjadi tepat setelah makan atau minum, atau sampai beberapa jam kemudian.

Ada banyak kasus penyebab muntah. Sebagian besar kasus muntah merupakan penyebab penyakit akut ketika hal ini terjadi selama terus menerus selama dua sampai tiga hari.  Jika terjadi hanya dalam jangka waktu yang lebih sebentar, perawatan yang dapat dilakukan dapat lebih sederhana tanpa mendiagnosa terlebih dahulu penyebabnya. Jika terjadi lebih lama dari itu, maka perlu diagnosa yang lebih serius. Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan masalah sekunder, terutama dehidrasi dan gangguan di tingkat elektrolit seperti natrium.

tips muntah pada kucing

Kucing Muntah

Muntah pada kucing dapat disebabkan oleh gangguan pada usus kecil. Gangguan ini mungkin disebabkan karena kucing mengkonsumsi makanan basi atau mencicipi benda-benda beracun seperti serangga misalnya. Selain faktor eksternal, muntah pada kucing juga dapat disebabkan karena  gejala penyakit yang lebih serius, seperti infeksi bakteri atau virus, obstruksi usus dari benda asing, obstruksi saluran kemih, penyakit hati, atau kanker. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk kematian.

Bagaimana cara mengenali muntah pada kucing?

Penyebab muntah pada kucing dapat dikenali sejak awal dengan adanya tahapan mual. Di tahapan ini,kucing terlihat gelisah, dan mungkin khawatir. Kucing juga terlihat mulai menjilat bibirnya, dan mengeluarkan air liur dan berulang kali. Muntah pada kucing sendiri melibatkan kontraksi kuat dari otot-otot perut, yang menyebabkan kontraksi penolakan pada cairan atau makanan.

Kontraksi ini tentu sangat berbeda denga batuk. Hal ini sangat penting untuk membedakan mana gejala yang merupakan kontraksi perut dan gejala yang berhubungan dengan batuk. Saat batuk, kucing biasanya mengeluarkan beberapa buih atau busa materi. Kucing biasanya berjongkok di keempat kakinya saat batuk dengan leher terentang.

Apa dan bagaimana muntah akut pada kucing? 
Muntah akut adalah muntah yang telah hadir selama tidak lebih dari 2-3 hari. Sebagian besar kasus ini dapat diatasi melalui pengobatan simtomatik sederhana yaitu menggunakan obat lambung/pencernaan. Pada sebagian kecil kasus muntah akut, biasanya menyebabkan muntah parah dan komplikasi seperti dehidrasi, oleh karenanya perlu dilakukan pengobatan mendasar serta analisis yang lebih mendalam untuk mengetahui penyebab asalnya.

Bagaimana cara mengobati muntah akut pada kucing?

Pengobatan simtomatik yang bersifat umum biasanya diresepkan terlebih dahulu dalam kasus-kasus ringan muntah akut. Dokter hewan Anda mungkin menyarankan untuk mempuasakan kucing Anda  antara enam hingga dua puluh empat jam. Setelah waktu ini, Anda biasanya akan disarankan untuk memberi makanan lembut yang mudah dicerna.Makanan yang disajikan sebaiknya tidak diberikan bumbu atau perasa yang terlampau dominan.  Menu mendasar yang dapat diberikan misalnya nasi lembut dengan ayam rebus yang rendah kalori. Pastikan bahwa selama periode ini, kucing Anda tidak mengkonsumsi makanan lain.

Selain makanan, ketersediaan air juga menjadi hal yang penting. Air harus tersedia dengan mudah dan dapat diakses oleh kucing Anda setiap saat karena sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Jika selama periode awal ini kucing Anda menunjukkan respon yang baik, jumlah makanan yang ditawarkan pada satu waktu dapat secara bertahap ditingkatkan kembali ke jumlah normal. Anda dapat kemudian meningkatkan asupan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan kembali secara bertahap selama beberapa hari.

Category: KesehatanTags: