Nutrisi yang Tepat bagi Kucing Hamil

0 9034

Sibuntut.com - Nutrisi yang baik sangat penting dalam menjaga kucing sehat sepanjang masa, termasuk menjaga asupan nutrisi selama kucing itu berada di masa kehamilan. Sama halnya dengan bayi kucing, kucing hamil atau menyusui juga membutuhkan ekstra energi dan protein untuk membantu mereka melalui periode fisik yang penuh dengan tekanan dan beban.

nutrisi bagi kucing hamil

Sumber http://www.purina.co.uk/

Memberi makan kucing Anda yang sedang hamil dengan benar sangat penting selama kehamilan dan menyusui. Malnutrisi pada kucing hamil dapat mengakibatkan bayi kucing mengalami berat badan lahir rendah (BBLR) dan menjadikan mereka berisiko mengalami gangguan kesehatan lebih tinggi dibanding kucing yang diberikan asupan nutrisi yang tepat.

Beberapa tujuan penting dari diberikannya nutrisi bagi kucing hamil adalah :

Peningkatan energi dari kalori untuk pertumbuhan anak kucing dan produksi susu untuk ibu
1. Meningkatkan asupan protein untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kucing
2. Meningkatkan produksi lemak untuk memenuhi permintaan yang tinggi untuk kalori kucing hamil
3. Meningkatkan kalsium dan fosfor untuk pertumbuhan tulang anak kucing dan produksi susu dari ibu kucing
4. Membuat kucing memiliki daya cerna tinggi sehingga mampu menyediakan lebih banyak kalori dalam jumlah yang lebih kecil dari makanan

Ada banyak formula nutrisi kucing yang diproduksi secara komersial.  Formula nutrisi kucing diperlukan selama kehamilan dan selama beberapa minggu setelah melahirkan. Kucing hamil biasanya memerlukan asupan kalori yang lebih tinggi dibanding biasanya. Oleh karenanya, anda perlu melakukan pengukuran jumlah kalori yang tepat bagi kucing hamil.

Kehamilan kucing biasanya memakan waktu sekitar 9 minggu. Sejak proses perkawinan hingga kehamilan, asupan makanan kucing hamil Anda secara bertahap akan meningkat - mencapai sekitar 50% di atas normal.Di periode akhir kehamilan, angka ini akan terus meningkat hingga dua kali lipatnya.

Untungnya, kucing hamil adalah salah satu pemakan yang masuk akal. Selama Anda memberikan makanan yang cukup, mereka dapat mengatur asupan makanan sehari-hari mereka sehingga tidak terjebak pada perilaku rakus di masa kehamilan.

Gizi yang cukup selama kehamilan sangat penting bagi kesehatan kucing dan anak-anaknya.Jika kucing hamil Anda tiba-tiba kehilangan selera makan, atau mengalami penurunan berat badan, pastikan anda berkonsultasi dengan dokter hewan Anda.

Untuk mencapai jumlah energi yang diperlukan, hal terbaik yang dapat diberikan adalah dengan memberikan makanan kecil sepanjang hari, dan pastikan bahwa makanan ini tersedia secara terus menerus, dari siang hingga malam . Jangan lupa dia juga membutuhkan banyak air tawar, terutama jika dia makan makanan kering.

Merawat anak kucing yang baru lahir adalah salah satu periode yang paling menuntut kecukupan gizi bagi kucing menyusui. Selama periode menyusui, konsumsi makanan akan berlipat, hingga empat kali  dibandingkan dengan kebiasaan sebelum hamil.

Merawat kucing di masa menyusui membutuhkan nutrisi berkualitas tinggi untuk memastikan kualitas susu mereka dan membantu mereka melalui periode menyusui yang berat. Selama proses menyusui, pastikan ketersediaan kalori dalam jumlah yang banyak untuk memastikan kenyamanan bagi mereka.

Category: MakananTags: