Mengatur Pola Makan Kucing yang Sehat

0 8447

Sibuntut.com - Kucing merupakan jenis hewan karnivora. Hal itu yang paling penting untuk diingat ketika  kita memutuskan untuk memberi makanan dan mengatur pola makan kucing. Walaupun memiliki selera makan yang sama, namun kucing, anjing dan manusia memiliki preferensi berbeda terhadap kandungan zat gizi pada makanan. Louise Murray, Wakil Presiden Rumah Sakit Hewan ASPCA di New York mengatakan bahwa, sejatinya, kucing, anjing dan manusia adalah spesies yang punya preferensi dan gizi yang berbeda.

Dibandingkan dengan manusia,kucing cukup sederhana dalam mengkonsumsi makanan, termasuk dalam hal cita rasa.  Kucing perlu makan banyak daging untuk protein dan lemak untuk pertumbuhannya.

"Jika kita makan seperti kucing, kita akan memiliki penyakit jantung pada usia 20," menurut Murray. "Mereka sama sekali tidak sama dengan manusia dan mereka bukan jenis anjing-anjing kecil."

pola makan kucing

Sumber : http://myths-made-real.blogspot.com/

Secara eksplisit, Murray mengatakan bahwa bagi pemilik kucing,mengobati kucing dan memberikan makanan dengan cara yang sama mereka memperlakukan anjing akan menjadi masalah. Bahkan, Murray mencatat bahwa makanan anjing bisa berakibat fatal bagi kucing dari waktu ke waktu karena tidak memenuhi kebutuhan gizi mereka dan biasanya makanan anjing sarat dengan karbohidrat, yang tidak dapat diproses dengan baik oleh kucing.

Menyemarakkan Piring Kucing Anda

Ketika memilih makanan kucing , periksa label dan standar yang ditetapkan oleh kementrian kesehatan atau peternakan. Anda dapat meminta saran dari dokter hewan Anda, apa jenis makanan ( basah atau kering ) yang tepat untuk kucing Anda .

Setelah Anda menentukan pilihan, biarkan kucing Anda melakukan uji rasa . Jika kucing Anda menyukai makanan dan tidak memiliki gangguan pencernaan ( seperti diare ) setelah itu, berarti anda telah melakukan hole in one, pilihan pertama yang tepat.

Namun, jika kucing Anda tidak suka terhdap makanan yang disajikan , Anda harus siap untuk menawarkan pilihan . Kucing akan terus mogok makan dari sesuatu yang mereka tidak suka , kata Murray , dan hal seperti itu berbahaya .

Jika Anda perlu untuk beralih dari satu jenis makanan yang lain, perkenalkan makanan baru secara bertahap , dalam jumlah kecil lebih dari seminggu . Ini membantu mencegah kucing Anda dari menolak makanan baru langsung dan mengurangi risiko mengacaukan perut kucing Anda .

Waktu Makan serta Porsi yang Tepat

"Proaktiflah  kepada dokter hewan Anda tentang porsi makan dan berat badan kucing Anda," kata McGeorge, seorang Veteriner di Portland, Oregon.

Setelah Anda tahu berapa banyak porsi makanan yang kucing anda butuhkan, cobalah untuk konsisten. Beberapa saran dokter mungkin akan memberikan porsi makanan yang sangat sedikit, namun jangan khawatir, hal ini Ini akan tetap menjaga kucing Anda di berat badan yang sehat.

"Untuk kucing, sulit untuk menurunkan berat badan mereka setelah mereka mendapatkan kelebihan berat badan," kata McGeorge.

Selanjutnya, buatlah jadwal makan kucing Anda. Kucing suka makan makanan kecil sepanjang hari. Berikan tempat makan khusus di luar pekarangan sehingga ketika kucing Anda merasa ingin ngemil, ia dapat menikmati kudapan kesukaannya. Anda dapat mengeluarkan setengah di pagi hari sebelum berangkat kerja dan setengah lainnya ketika Anda kembali.

Category: MakananTags: