Tips Membawa Kucing Dalam Mobil Saat Perjalanan

0 435

Membawa kucing dalam mobil saat perjalanan jauh memerlukan persiapan, jika tidak kucing anda bisa mengalami stres dan mengalamai dehidrasi karena melolong berjam jam. Batasilah perjalanan anda sebanyak yang anda bisa, karena setiap perjalanan bisa jadi sangat menegangkan apaibla jika sampai terjebak macet, Jika anda berencana mengajak kucing anda melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan mobil, ada beberapa tip yang bisa anda pertimbangkan.


  • Tas Pembawa

Kenyamanan dan persediaan bekal dalam tas pembawa dapat membuat atau menghancurkan perjalanan dalam hal kenyamanan kucing. Pilih tas pembawa yang memungkinkan kucing anda bisa berdiri, berbalik, berbaring dengan nyaman minimal.

Pastikan ventilasi yang baik tersedia disemua sisi dengan lubang, jala atau pintu pembuka yang memadai. Letakkan bahan penyerap pada bagian bawah untuk meghindari terjadi kecelakaan. Anda kemudian bisa menutupinya dengan handuk atau selimut dan mainan favorit kesukaan kucing anda.

Kucing yang biasa bebas berkeliaran dan tidak terbiasa di angkut dengan pembawa mungkin tidak akan bisa bicara atau protes. Menjag a keamanan di dalam mobil bisa dengan membiarkan pembawa dengan sedikit terbuka, hal ini akan mendorong keingintahuan kucing dan membuat kucing tidak merasa terjebak dalam mobil.

  • Suhu Ruangan

Tempat kucing dalam mobil di area yang menerima sirkulasi udara dengan baik. Hindari terkena cahaya matahari secara langsung melalui kaca pintu mobil atau area garasi di bagian belakang kendaraan yang sirkulasi udaranya panas. Dalam melakukan perjalanan pilihlah bulan bulan dengan cuaca yang mendukung dan suhu yang tidak panas bila memungkinkan.

Jangan tinggalkan kucing di dalam mobil jika anda sedang berhenti. Matikan mesin dan bawalah kucing anda bersama anda. Jangan tinggalkan kucing anda di dalam mobil dengan keadaan mensein menyala, karena itu memudah pencuri mengambil mobil anda beserta kucing yang ada di dalamnya.

  • Perbekalan

Sebaiknya tentukan apa yang akan anda bawa sebelum melakukan perjalanan, sehingga anda siap menghadapi situasi apapun. Berikut adalah daftar perbekalan yang kami sarankan untuk dibawa selama melakukan perjalanan dengan kucing kesayangan anda.

  1. Makanan Ringan
  2. Air minum yang sudah ditempatkan dalam botol
  3. Tempat makan ( mangkuk)
  4. Pembersih kotoran kucing
  5. Kain pembersih
  6. Alat sikat atau sejenisnya
  7. Obat obatan ringan
  8. Kotak P3K untuk hewan peliharaan
  9. Selimut ektrsa dan handuk
  10. Kantong sampah untuk kotoran kucing
  11. Dokumen pelengkap jika anda berencana untuk menginap di hotel atau akan melakukan penerbangan
  • Akomodasi

Jangan berharap sebuah hotel atau tempat liburan menyambut kucing anda dengan tangan terbuka. Banyak tempat yang tidak mengijinkan hewan peilharaan, dan barang yang mungkin memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu, jaminan berupa uang atau biaya tambahan yang tidak dapat dikembalikan. Pastikan sebelum melakukan perjalanan, anda sudah memiliki daftar hotel atau liburan yang ramah dengan hewan peliharaan jadi anda tidak harus bingung memlih tempat di tengah perjalanan.

  • Tips Tambahan

Untuk perjalanan yang sangat jauh, anda bisa menggunakan tempat kucing yang lebih besar yang bisa muat dengan tempat pembuangan kotoran kucing. Pilih kotak sampah yang tertutup  ini akan membantu menampung sampah kotoran. Jika ini bukan pilihan yang layak, maka bersiaplah untuk berhenti di sepanjang perjalanan.

Jangan memberi makan atau minum pada kucing anda, tepat sebelum melakukan perjalan hal ini untuk menghindari sakit perut pada kucing. Berilah makan dan minum pada kucing beberapa jam sebelum melakukan perjalanan karena hal ini akan membuat kucing anda baik baik saja selama diperjalanan. Tapi jika anda ingin lebih berhati hati terhadap kucing anda, konsultasi ke dokter hewan bisa menjadi alternatif yang baik.

Keluarkan semua makanan dari dalam mobil setelah usai melakukan perjalanan. Jangan menyimpan makanan kucing di dalam mobil dalam jangka waktu yang lama karena itu bisa merusak kualitas makanan dan mempercepat masa kadaluarsa.

Bepergian dengan kucing anda bisa menjadi stress, tapi bisa juga menjadi pengalaman yang menyenangkan dengan sedikit perencanaan

Semoga bermanfaat

 

 

 

 

Category: Berita Pilihan, Perawatan, PerilakuTags: