Tips Menjaga Nutrisi untuk Kesehatan Bulu Kucing

0 3330

Sibuntut.com - Kondisi bulu dan kulit kucing Anda merupakan salah satu indikator terbaik bagi kesehatan dan kebaikan nutrisi yang diterima oleh kucing Anda. Banyak kucing, terutama kucing rumahan, mengalami masalah dengan bulunya, seperti  bulu yang berwarna kusam atau memiliki masalah dengan kekeringan kulit.

nutrisi untuk kesehatan bulu kucing

Sumber http://ehow.com

Kondisi ini mungkin timbul akibat faktor genetika, fungsi kekebalan tubuh, polusi lingkungan atau udara kering akibat adanya pendinginan ruangan. Dalam beberapa kasus, bulu kucing yang kusan kusam dan kulit yang tidak sehat mejadi indikator terjadinya kekurangan gizi pada kucing Anda.

Bulu kucing yang indah tidak hanya terlihat baik dan nyaman untuk disentuh. Bulu kucing yang terawat, bersifat  sangat fungsional bagi kesehatan kucing. Bulu kucing memiliki fungsi seperti mantel yang sangat padat yang membantu memberi mereka data indrawi tentang dunia di sekitar mereka dan melindungi mereka dari dingin. Kucing memiliki ketelitian yang tinggi dalam merawat mantel mereka sendiri dan menghabiskan waktu berjam-jam ketika membersihkan kotoran yang menempel di bulu mereka.

 

Penyebab bulu kucing tidak bersinar

Seiring berjalannya waktu, bulu kucing akan semakin kehilangan sinar dan kelembutannya. Hal ini bahkan bisa terjadi lebih dini. Beberapa penyebab mendasarnya di antaranya adalah :

Gizi yang  buruk
Sebuah keseimbangan yang baik antara karbohidrat, protein dan lemak akan membantu terhadap bulu kucing, kulit dan tubuh kucing Anda tetap sehat. Sama seperti Anda, kucing Anda membutuhkan asupan yang tepat nutrisi bagi tubuh mereka.

masalah berat badan
Ketika kucing mengalami masalah berat badan, mereka tidak dapat mencapai seluruh tubuh mereka untuk dibersihkan. Ketidakmampuan mereka akibat volume tubuh yang terlampau besar  dapat menyebabkan bulu kucing menjadi berantakan, kusut dan kusam.

Umur
Ketika umur kucing menjadi semakin tua, pergerakan tubuh mereka menjadi kurang fleksibel dan menyebabkan mereka mudah mengalami rematik. Kucing yang sudah tua tidak mampu membersihkan tubuhnya dengan baik sehingga memerlukan bantuan Anda dalam  menyikat dan memandikan mereka dengan baik.

Mandi terlalu sering
Kucing yang dimandikan terlalu sering dapat mengalami kekeringan kulit serta mengalami masalah dengan ketombe. Bulu mereka yang basah kuyup sangat rentan dihinggapi masalah kulit. Kucing mampu membersihkan dirinya sendiri, oleh karenanya, mandi bukan merupakan salah satu sarana utama untuk membersihkan mereka.

Solusi penanganan nutrisi bagi perawatan bulu kucing

Untuk mendapatkan bulu kucing yang sehat dan bersinar, tidak ada salahnya anda mencoba memberikan merk makanan premium bagi kucing Anda. Makanan yang kaya akan asam lemak esensial tambahan seperti omega-3 sangatmembantu menjadikan bulu kucing Anda bersinar.

 

Selain itu, Anda juga dapat mencoba melengkapi makanan kucing Anda dengan minyak ikan. Efek dari asupan minyak ikan ini dapat terlihat selama 4-6 minggu.

Ketika anda mencoba beralih ke makanan berkualitas tinggi seperti makanan bebas gandum, anda dapat melihat bulu kucing Anda terlihat lembut mengkilap, bahkan pada kucing yang lebih tua, dalam hitungan minggu. Ingat, apa yang bekerja untuk satu kucing mungkin tidak bekerja bagi orang lain.

Category: KesehatanTags: