Tips Merawat Kucing Maine Coon Dengan Tepat

0 4904

Sibuntut.com - Keberadaan kucing Maine Coon seringkali dipenuhi dengan mitos dan legenda. Sebagaimana legenda yang kita kenal, beberapa yang beredar mungkin sangat janggal dan tidak masuk akal.  Walau begitu, keberadaan mitos pada Kucing Maine Coon ini membuat semakin banyak pecinta kucing yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak mengenai salah satu jenis kucing peranakan yang indah ini.

tips merawat kucing maine coon

Sumber http://catchannels.com

Kucing Maine Coon merupakan salah satu spesies kucing berambut panjang asli Amerika dan diakui sebagai salah satu spesies yang berkembang biak di Maine. Iklim serta tipologi wilayah di Maine, secara alamiah membuat Maine Coon sendiri  berkembang menjadi kucing yang kokoh dan mampu bertahan di musim dingin yang keras hingga pergantian musim di wilayah tersebut.

Walaupun terlihat sangar, kucing Maine Coon terkenal dengan karakternya yang manis, ramah dan cerdas. Maine Coon juga sangat cocok bermain dengan anak-anak dan bersikap ramah terhadap anjing sehingga bagi para pecinta hewan berbulu, kucing Maine Coon sangat cocok untuk dipelihara.

Secara fisik, kucing Maine Coon selalu dikagumi karena keindahannya, dan Maine Coon terpilih sebagai kucing terbaik di dalam kontes yang diselenggarakan di Amerika Serikat. Bentuk wajah yang bulat sempurna, serta tekstur bulu yang halus memanjang menjadikan para pecinta kucing menganggap Maine Coon adalah salah satu spesies primadona dalam kontes maupun penjualan kucing peranakan.

Tips Memberikan Makanan pada Kucing Maine Coon

Untuk jenis makanan mentah, kucing sangatmemerlukan mayoritas makanan yang bersumber dari daging. Biarkan kucing Anda untuk makan sebanyak mungkin daging. Berbeda dengan makanan kering yang padat dan sarat karbohidrat, makanan mentah sangat kaya akan nutrisi dan protein yang dibutuhkan kucing Maine Coon.

Setiap kucing memiliki preferensi rasa yang berbeda jadi tidak ada salahnya mencoba setiap resep yang berbeda saat meracik formula daging rumahan yang Anda buat.

Sangat disarankan bagi ANda untuk mencampur semua sumber bahan sehingga kebutuhan nutrisi kucing Anda tercukupi. Sekurang-kurangnya, 1/5 porsi makan terdiri dari daging organ seperti hati dan jantung.

Hal lain yang perlu ANda perhatikan selain bahan makanan adalah peralatan makan. Selalu peralatan makan yang menggunakan material berbahan kaca, baja keramik atau stainless,

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan bahan makan plastik karena bahan makan plastik cenderung menjadi media bagi bakteri untuk berkembang biak. Biasanya, bakteri bersumber dari minyak dalam makanan kucing dan dapat menyebabkan infeksi bakteri dll.

Memelihara dan merawat kucing Maine Coon sangatlah mudah dan ringan untuk dilakukan. Perawatan secara rutin serta kontrol terhadap makanan yang diberikan akan sangat membantu Anda dalam mencegah risiko kesehatan dan ketidaknyamanan yang mungkin kucing Anda rasakan. Selain itu, Anda juga dapat saling berbagi informasi dengan para pemilik kucing Maine Coon yang tersebar di internet.

Category: Jenis KucingTags: