Tips Merawat Kuku Kucing yang Rusak

0 7886

Sibuntut.com - Suatu hari, saya pernah menemukan hal ganjil pada kucing saya. Saya  melihat ada darah di kaki kucing saya dan dia terlihat pincang sambil menjilati cakarnya. Ketika saya melihat lebih dekat, ke arah kakinya, saya melihat ada robek kuku yang cukup parah. Hal ini menyebabkan kucing saya mengalami kesakitan dan ketidaknyamanan.

Masalah kuku kucing merupakan hal yang umum terjadi. Pada umumnya kuku kucing seringkali mengalami kerobekan dan kerusakan. Hal ini walau jarang mengancam jiwa namun dapat mengakibatkan penderitaan pada hewan kesayangan Anda. Selain rasa sakit, kerusakan kuku kucing yang tidak diobati, secara jangka panjang dapat mengakibatkan abnormalitas pertumbuhan pada kuku kucing. Oleh karenanya, perlu langkah yang tepat untuk menangani masalah kuku kucing Anda.

merawat kuku kucing

Merawat Kuku Kucing
Sumber http://www.catnail.com/

Kucing seringkali beraktivitas dan berjalan ke berbagai area. Di dalam rumah misalnya, Kuku kucing seringkali mendarat ada area kain atau karpet serat. Tersangkutnya kuku kucing pada bahan ini menyebabkan si kucing akan berupaya menarik kukunya dari area tersebut seoptimal mungkin. Akibatnya, kuku kucing mengalami luka atau bahkan robek. Hal-hal ini seringkali diabaikan, dan jika tidak diobati secara tepat kerusaan kuku kucing yang tidak tertangani tidak cepat dapat disembuhkan dan menimbulkan rasa sakit dan iritasi pada kucing Anda.

Proses pengobatan dapat dilakukan di rumah jika memungkinkan. Proses pengobatan di rumah dapat mengurangi potensi infeksi dan penyembuhan yang lebih efektif. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menghilangkan pangkal kuku yang rusak dan menyebabkan luka. Ingat: luka robek sangat menyakitkan bagi kucing Anda dan Anda harus berhati-hati untuk menghindari penolakan atau respon yang mungkin muncul dari kucing Anda. Setelah itu, hentikan pendarahan yang terjadi dengan menggunakan obat penahan darah/kapas. Anda juga dapat menggunakan tepung atau tepung jagung untuk membekukan darah.

Ingat, jika berisiko, jangan paksakan diri Anda untuk melakukan semuanya sendiri. Kondisi kuku yang setengah menempel mungkin akan sangat menyakitkan oleh karenanya, anda perlu mencari asisten atau berkonsultasi pada dokter jika anda benar-benar kesulitan.Setelah Anda berhasil menghapus bagian yang rusak dari kuku, bersihkan area lukadengan air hangat untuk menghilangkan kotoran bersarang antara kuku dan jari kaki atau kaki. Kemudian berikan perban sementara jika diperlukan untuk perdarahan. Berhati-hatilah untuk tidak membungkus perban terlalu ketat agar sirkulasi darah tidak rusak. Biarkan di tempat selama 12 sampai 24 jam.

setelah menghilangkan bagian yang rusak, berikan perban sementara untuk menghentikan pendarahan. Berikan juga antibiotik di bagian luka untuk mencegah terjadinya infeksi.
Jika Anda tidak merasa nyaman mengobati luka pada kuku kucing Anda, hubungi dokter hewan Anda. membiarkan kuku robek dan sembuh secara sendiri bukanlah pilihan yang disarankan. Hal ini menyebabkan iritasi yang terus-menerus dan mungkin luka yang berulang.

Category: KesehatanTags: