Waspadai Bahaya Cedera Tulang pada Kucing

0 29201

Sibuntut.com - Cedera tulang pada kucing bisa terjadi secara tiba-tiba ketika terjadi tekanan yang berat pada sistem tulang rangka kucing.

Pada dasarnya, patah tulang disebabkan oleh berbagai faktor. Oleh karenanya, istilah yang melekat pada patah tulang itu sangat beraneka ragam karena setiap cedera patah tulang pada kucing  memiliki karakteristik tersendiri.

jenis patah tulang pada kucing

Sumber http://www.peteducation.com/

Jenis patah tulang

Ada empat jenis patah tulang yang sering terjadi pada  kucing: patah tulang tertutup, patah tulang majemuk, epifisis (lempeng pertumbuhan), dan greenstick (garis rambut).

 

Tiga tipe patah tulang yang pertama dapat dilihat melalui  mereka patah tulang sederhana di mana tulang terpecah menjadi 2-3 bagian , atau jenis patah tulang comminuted di mana tulang menjadi hancur berkeping-keping.

Patah Tulang Tertutup :

Patah tulang tertutup adalah jenis patah tulang yang tidak menyebabkan kerusakan pada lapisan otot kucing.

Jenis patah tulang ini biasanya menyebabkan keretakan pada permukaan tulang, namun tidak menyebabkan goresan atau kontak pada lapisan otot.

patah tulang pada kucing

Sumber http://http://www.borderstan.com/

Greenstick (Patah Tulang Garis Rambut)

Greenstick (Patah Tulang Garis Rambut) menyebabkan retak kecil di dalam tulang yang tidak menyebabkan tulang terpisah menjadi beberapa bagian, namun menyebabkan keretakan di dasar tulang sehalus garis rambut. Oleh karenanya, patah tulang ini dinamakan patah tulang garis rambut.

Patah Tulang Majemuk 

Patah tulang majemuk pada kucing menyebabkan tulang terurai menjadi beberapa bagian sehingga terdorong menonjol keluar melalui kulit. Hal ini menyebabkan lapisan otot terluka.

Patah tulang majemuk merupakan jenis cedera yang  berisiko tinggi karena luka yang disebabkan fraksi tulang yang terdorong ke luar lapisan otot dapat terkontaminasi dengan kotoran sehingga  dapat menyebabkan infeksi.

Epifisis

Epifisis biasanya terjadi pada kucing yang berusia muda. Kucing yang berusia di bawah 1 tahun memiliki area yang lembut di dekat ujung setiap tulangnya. Area ini merupakan area pertumbuhan tulang pada kucing muda.

Area lembut tersebut dinamakan sebagai pelat pertumbuhan atau lempeng epifisis. Karena ini adalah daerah pertumbuhan, mereka kaya akan sel non-kalsifikasi yang membuatnya menjadi lembut,seperti spons.

Area ini merupakan area yang sangat mudah retak karena mereka adalah bagian terlemah dari tulang. Ujung distal dari femur (tulang paha) dan humerus (kaki depan bagian atas)  sangat rentan terhadap cedera ini.

Gejala dan Risiko Patah Tulang

Gejala dan risiko patah tulang pada kucing tergantung pada area yang terkena dan sejauh mana patah tulang terjadi. Patah tulang yang melibatkan tulang sendi merupakan jenis patah tulang yang sangat serius

Patah tulang yang terjadi di bagian tulang belakang, dapat beregenerasi kembali melalui sumsum tulang belakang. Namun, risiko kelumpuhan dapat terjadi akibat cedera ini.

Semua patah tulang yang terjadi pada kucing bersifat sangat serius dan harus ditangani sekaligus. Ketika tulang pada kaki rusak, kucing biasanya akan berjalan sambil mengangkat kakinya agar tidak menyentuh tanah . Pada cedera seperti ini, kucing akan berjalan pincang hingga penyembuhan dapat dilakukan.

Tindakan Pengobatan Patah Tulang pada Kucing

Pengobatan patah tulang pada kucing sangat bergantung pada usia kucing dan jenis tulang yang rusak.

Patah tulang majemuk yang dapat menyebabkan infeksi harus ditangani lebih intensif dibandingkan jenis patah tulang lainnya.

Bagi anak kucing yang mengalami patah tulang, biasanya proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat karena tingkat tekanan bobot tubuh lebih rendah dibanding kucing dewasa.

Oleh karena itu,patah tulang pada anak kucingdapat diobati dengan cast (gips) tapi bagi kucing dewasa, patah tulang memerlukan tindakan yang lebih intensif melalui pemasangan pin pada tulang selama dua belas minggu atau lebih.

Patah tulang rambut pada kucing dapat diobati dengan mengistirahatkan bagian yang rusak. Walau begitu, kemungkinan intervensi bedah biasanya  diperlukan untuk patah tulang yang lebih berat. Evaluasi yang menyeluruh oleh dokter akan memberikan rekomendasi yang tepat bagi penyembuhan kucing Anda.

 

 

 

 

 

 

Category: KesehatanTags: