Berdamai dengan Diabetes pada Kucing

0 1877

Sibuntut.com - Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang  paling sering menjangkiti kucing yang sudah lanjut usia. Kucing yang dikebiri, kucing jantan dan kucing yang mengalami obesitas termasuk  berisiko tinggi terkena penyakit ini.

masalah diabetes pada kucing

Sumber https://www.knowbetterpetfood.com

 

Kecenderungan genetik juga merupakan salah satu pemicu tingginya risiko diabetes pada kucing. Baru-baru ini, beberapa riset di Australia dan Selandia Baru, menemukan fakta bahwa genetika  memainkan peran dalam perkembangan diabetes pada kucing. Di negara ini, kucing Burma teridentifikasi mengalami kecenderungan diabetes, dan analisis silsilah menunjukkan  bahwa pada ras ini, penyakit diabetes adalah penyakit keturunan.

Gejala Awal

Kucing yang mengalami diabetes akan mengalami hiperglikemia sehingga glukosa diekskresikan dalam urin (glikosuria). Tingginya pengeluaran glukosa melalui glikosuria menyebabkan kucing seringkali melakukan buang air kecil. Hal ini menyebabkan kucing mengalami rasa haus meningkat (polidipsia kompensasi). Berat badan dan nafsu makan yang rakus (polifagia) juga sering terlihat.

Tanda-tanda klinis utama terlihat pada kucing diabetes adalah:

Penurunan berat badan
polifagia
Poliuria / polidipsia
Tanda-tanda ini tidak selalu hadir atau mungkin tak terdeteksi. Sebagai contoh, peningkatan rasa haus mungkin tidak terlihat jika kucing minum dari sumber air di luar ruangan sementara kucing tidak terlihat minum lebih banyak air di rumah.

Merawat kucing yang Mengalami Diabetes

Kucing yang terjangkit diabetes berpotensi mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Oleh karenanya, kucing akan  membutuhkan energi diet padat sampai berat badan mereka akan normal. Untuk kucing diabetesyang mengalami obesitas, sangat disarankan untuk mendaftarkan kucing tersebut pada program penurunan berat badan di bawah bimbingan seorang dokter hewan. Hal ini dikarenakan obesitas pada kucing akan mengganggu efek dari insulin yang akan diberikan. .

Penelitian telah menunjukkan bahwa karbohidrat rendah dan diet protein tinggi dapat membantu mengurangi kebutuhan insulin dan meningkatkan manajemen diabetes.

Selain program diet, Anda dapat melihat beberapa jenis makanan komersial bagi kucing yang tersedia di pasaran. Beberapa produsen makanan hewan peliharaan komersial memproduksi makanan dengan kandungan diet rendah karbohidrat resep yang cocok untuk digunakan pada kucing diabetes.

Sangat disarankan bagi kucing Anda untuk menjaga diet secara konsisten baik dari segi apa yang dimakan serta waktu makan dan sebagainya. Mengubah pola makan dapat mengganggu stabilisasi diabetes. Namun, anda tidak perlu untuk menetapkan waktu makan kucing secara ketat. Jika kucing Anda sudah menerapkan pola makan secara konsisten, Anda dapat memberikan makanan tambahan di luar waktu yang sudah direncanakan.

Untuk terapi tingkat lanjut, dokter hewan Anda mungkin akan menyarankan untuk memberikan terapi insulin di bagian awal program. Insulin pada kucing yang terkena diabetes diberikan melalui suntikan di bawah kulit tengkuk.

Kucing yang disuntik insulin sebagian besar akan mengalami stabilitas yang baik. Ada beberapa program terapi, yaitu yang melibatkan suntikan sekali atau dua kali sehari. Lokasi suntikan harus diubah setiap hari untuk mengurangi jaringan parut atau reaksi di tempat suntikan yang dapat membatasi penyerapan insulin. Jarum suntik insulin khusus dengan jarum yang sangat halus digunakan sehingga kucing tidak akan merasakan proses injeksi.

Banyak dokter hewan sering merekomendasikan kucing diabetes untuk diberikan makanan sebelum mereka menerima insulin sehingga kucing tidak menyadari injeksi ketika sedang makan.

Prospek  kucing untuk bertahan dengan diabetes mellitus sangat bervariasi tergantung dengan berapa usia mereka. Beberapa kucing yang tidak mengalami komplikasi akan mudah untuk distabilkan dibanding  mereka yang memiliki penyakit lain. Dalam sebuah penelitian, waktu kelangsungan hidup rata-rata untuk kucing diabetes adalah sekitar 2 tahun setelah diagnosa. Banyak kucing diabetes memiliki kualitas yang sangat baik dan mengalami peningkatan potensi setelah mengkuti perawatan.

Category: KesehatanTags: