Mengatasi Masalah Kesehatan pada Gigi Kucing

0 1897

Sibuntut.com - Permasalah kesehatan pada gigi kucing seringkali muncul pada kucing rumahan. Kucing rumahan yang mengalami permasalahan berat badan diharuskan berhadapan dengan program diet. Hal ini menjadikan frekuensi makan mereka menjadi sedikit berkurang.

tips mengatasi sakit gigi kucing

Sumber http://mousebreath.com/

 

Kucing secara alamiah memiliki struktur mulut yang dirancang untuk berburu dan menangkap mangsa kecil, yang mereka konsumsi sebagian atau seluruhnya. Aksi mereka secara langsung atau tidak langsung telah menjadikan gigi mereka mengalami proses pembersihan secara alami. Program diet yang mereka ikuti menyebabkan tartar dan pembentukan plak yang mendorong mereka rentan terkena permasalahan gigi seperti gigi berlubang atau radang gusi.

Gigi seekor kucing peliharaan setidaknya harus diperiksa secara teratur. Banyak masalah gigi tidak terdeteksi sejak dini hingga masalah ini mengganggu kenyamanan mereka. Akibatnya, kucing yang sudah terkena penyakit menjadi sensitif dan menolak pemeriksaan dokter. Pemeriksaan rutin yang dilakukan di rumah  akan mencegah berbagai masalah yang akan menyebabkan masalah kesehatan dan gizi.

Beberapa masalah yang seringkali muncul pada gigi kucing adalah :

Gigi Susu yang Masih Bertahan

Biasanya, akar gigi susu akan diabsoprsi sebagai gigi dewasa. Gigi dewasa akan mengambil tempat mereka. ketika kucing beranjak dewasa. Nah, pada situasi tertentu, hal ini gagal terjadi. Hal ini menyebabkan adanya gigi ganda pada jalur yang sama.

Pada kondisi ini, gigi dewasa tidak mampu menempati lokasi yang semestinya sehingga tumbuh  keluar dari jalur Hal ini menyebabkan maloklusi, atau gigitan yang buruk. Anak kucing di usia 2 sampai 3 bulan  harus diperhatikan kondisi dewasanya. Di usia tersebut, perlu dipastikan apakah gigi dewasa mereka dapat tumbuh secara sempurna.Hal yang perlu dicegah adalah kemungkinan tumbuhnya gigi di luar jalur aslinya.

Selain masalah gigi, masalah lain yang muncul pada kucing adalah masalah plak.

Plak adalah lapisan kompleks pada gigi yang dibentuk oleh bakteripada permukaan gigi. Awalnya lapisan plak tidak mudah terlihat, tetapi dapat terlihat dengan menggunakan "disclosing solution". Ketika lapisan plak tumbuh dan menjadi lebih tebal, lapisan itu sering bisa dilihat seperti lapisan yang lembut, berwarna abu-abu putih pada permukaan gigi.

Mengatasi plak pada gigi kucing menjadi hal yang penting karena plak adalah penyebab umum penyakit yang muncul pada gigi. Oleh karena itu, ada beberapa langkah-langkah untuk membantu mengurangi pengembangan plak gigi  yang berperan penting dalam upaya untuk mencegah penyakit gigi pada kucing.

Mengobati gigi kucing yang bermasalah

Walaupun kucing dikenal sebagai hewan yang jinak,  hewan tidak akan duduk diam dan membiarkan gigi mereka ditangani. Jika anda kesulitan melakukannya, anda harus melakukan pembiusan secara menyeluruh.

Pembiusan pada kucing tidak direkomendasikan. Walau begitu, tindakan yang dapat diambil untuk mengurangi risiko anestesi seperti tes darah, dan pada kucing yang lebih tua, terapi cairan intravena dapat diberikan untuk membantu mendukung sirkulasi seluruh obat bius. Jika Anda khawatir tentang kucing Anda menjalani anestesi maka Anda harus membicarakan hal itu dengan dokter hewan Anda.

 

Category: KesehatanTags: