Penyebab Kucing Kehilangan Nafsu Makan

0 3410

Sibuntut.com - Sebagai pecinta kucing, kita mungkin pernah sesekali dikejutkan dengan perilaku kucing yang tidak lazim. Kucing peliharaan yang biasanya gemar menyantap makanan tiba-tiba kehilangan selera makan. Tentu sebagai pemilik yang baik fenomena ini cukup membuat diri kita bingung.

Apa sebenarnya penyebab kucing kehilangan nafsu makan? Sesungguhnya, kucing secara garis besar memiliki permasalahan fisik dan mental sebagaimana mamalia lainnya. Walaupun bukan hewan yang cukup pintar, namun secara emosional, kucing juga sangat mudah mengalami permasalahan psikologis yang mempengaruhi selera makan.

Oleh karena itu, salah satu faktor utama penyebab kucing kehilangan nafsu makan adalah musim kawin atau pubertas yang sedang melanda. Kucing di musim kawin akan mengalami goncangan emosional serta agresivitas yang tinggi terhadap lawan jenis. Hal ini ditandai dengan raungan serta perilaku kucing yang tak lazim. Agresivitas ini terkadang menyebabkan kucing kehilangan sense mereka terhadap lingkungan sekitarnya, termasuk terhadap rasa lapar. Tak jarang, kucing yang sedang pubertas mampu menahan rasa lapar hingga berminggu-minggu demi menuntaskan hasratnya.

Hal utama lainnya yang mungkin menjadi pemicu kucing kehilangan nafsu makan adalah penyakit. Beberapa penyakit yang erat kaitannya dengan nafsu makan kucing ini adalah flu, liver, keracunan, dan gangguan pencernaan. Kucing yang mengalami gangguan liver,keracunan dan gangguan pencernaan pada umumnya mengalami gejala yang sama. Mata yang memutih, lemah, sering tertidur, serta muntah-muntah. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan anda melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Akan lebih mudah lagi jika anda memeriksakan kucing anda ke dokter hewan.

Hal lain yang menjadi penyebabnya adalah jenis makanan. Ada beberapa jenis kucing yang memiliki selera makanan yang yang sangat spesifik. Kucing jenis ini akan sangat rentan mengalami permasalahan dengan jenis makanan yang dia konsumsi. Jika kucing anda melakukan mogok makan berhari-hari akibat ketidaksukaannya terhadap makanan yang disajikan, pertimbangkan untuk mencampur atau mengganti makanan yang anda sajikan.

Dari uraian di atas, anda perlu memperhatikan sepenuhnya pola makan serta kebiasaan kucing anda dalam mengkonsumsi makanan. Keseimbangan antara makanan, istirahat,serta vitamin akan menjaga kucing anda dari gangguan penyakit.

Category: KesehatanTags: