Tips Menghindari Dehidrasi Pada Kucing

0 7026

Sibuntut.com - Lazimnya makhluk memamah biak lainnya, kucing dapat mengalami gangguan pada tubuhnya akibat kekurangan cairan tubuh. Gangguan yang berupa dehidrasi ini dapat menyebabkan implikasi serius pada tubuh kucing anda jika tidak ditangani secara serius.

Dehidrasi pada kucing lazimnya dapat terjadi setiap saat. Kucing yang melakukan banyak aktivitas yang sangat intensif seperti bermain, berlari, atau berjalan jauh dapat mengalami dehidrasi yang sangat serius. Selain itu, kucing yang cenderung rakus, akan cenderung berisiko lebih besar terkena dehidrasi apabila tidak ditangani secara baik.

Di Indonesia, iklim tropis merupakan penyumbang terbesar penyebab dehidrasi pada kucing. Panas dan hujan merata sepanjang tahun dan berlangsung secara terus menerus cukup membahayakan kondisi tubuh kucing anda.

Beberapa gejala yang mungkin dialami oleh kucing anda ketika mengalami dehidrasi :

1. Mata menjadi cekung

2. Mulut kering, kucing tidak pernah berhenti menjilati mulut, pada kondisi ekstrim mereka membuka mulut lebar-lebar sambil menjulurkan lidah

3. Kulit yang mengalami elastisitas yang buruk, cenderung berkerut

4. Nafas kembang kempis seperti kelelahan

Jika kucing peliharaan anda mengalami gejala seperti di atas, sangat disarankan anda segera melakukan tindakan emergency secepat mungkin. Dehidrasi pada kucing secara masif akan semakin serius jika tidak segera ditangani dengan cepat. Anda dapat menghubungi veteranian langganan anda untuk memastikan kucing kesayangan anda dapat ditangani dengan baik.

Sebagai tindakan preventif, ada baiknya anda mengamati baik-baik perilaku dan keseharian kucing anda. Kucing yang cenderung aktif dan tidak pernah berhenti berlari, akan sangat membutuhkan asupan cairan lebih banyak dibanding kucing lain. Anda juga harus mencermati pola makan kucing anda. Beberapa kucing peliharaan yang dibiarkan berkeliaran di alam bebas sangat rentan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, atau bahkan mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri. Bakteri ini akan memicu diare pada kucing. Diare pada kucing yang tidak tertangani dengan baik akan memicu terjadinya dehidrasi. Oleh karenanya, kucing yang mengalami dehidrasi sebaiknya diberikan minuman air putih yang bersih, serta tidak terlalu panas.

Dehidrasi pada kucing dapat dicegah dengan tindakan seksama serta perilaku yang telaten. Dengan mengantisipasi pola makan dan pola hidup kucing anda, maka dehidrasi pada kucing dapat dicegah lebih dini.

Image By: betaphilings.com

Category: KesehatanTags: